Kirim Puluhan Siswa, NTB Nihil Medali LKS SMK 2023

Kontingen NTB saat mendengarkan pengumuman LKS SMK 2023 di Surabaya, Jawa Timur. ()IST/RADAR LOMBOK )

MATARAM — Pelaksanaan Lomba Kompetensi Siswa Sekolah Menengah Kejuruaan (LKS SMK) berlangsung di Surabaya, Jawa Timur pada 23-28 Oktober 2023. Kontingan Provinsi Jawa Timur berhasil meraih juara umum dengan raihan 16 medali emas, 3 medali perak, dan 10 medali perunggu. Sementara kontingen LKS SMK asal NTB nihil medali.

“LKS tahun 2023 ini baru pertamakali diselengarakan secara langsung. Empat tahun terakhir dilaksanakan secara online. Kontingan LKS SMK NTB tidak ada yang mendapatkan medali,” ungkap Kepala Bidang PSMK Dinas Dikbud NTB M Khairul Ihwan kepada Radar Lombok, Rabu (1/11).

Ihwan menyebut bahwa dari perolehan medali 36 mata lomba di LKS, provinsi yang berada di wilayah Indonesia Timur, seperti Bali, NTB, NTT, Sulawesi, Maluku, Papua tidak ada satupun yang meraih medali emas, perak maupun perunggu.

Baca Juga :  Temui Massa Aksi, Rektor Berjanji Penuhi Tuntutan Mahasiswa

Dikatakannya, dari total keseluruhan kontingen, Provinsi Bali berada diurutan 17 dan Provinsi NTB berada di urutan ke 19. Hal ini dari sisi gambaran peraih medali untuk Indonesia Timur posisi NTB berada diurutan kedua setelah Bali.

Menurut Ihwan, kekurangan kontingen LKS NTB tahun 2023, banyak mata lomba yang merupakan keunggulan di NTB tidak dilombakan. Misalnya, Kemaritiman, Pertanian, Peternakan maupun Perikanan. Kebanyakan materi lomba itu adalah manufaktur, seperti Robotika, Elektronika dan Permesinan.

Disebutkan, kenapa kontingan LKS SMK dari Pulau Jawa meraih hampir 90 persen dari total yang dilombakan, dikarenakan dekat dengan industri, magang dengan industri, kemudian standar latihan lebih baik dari Indonesia Timur.

Baca Juga :  23 SMK di NTB Resmi Bersatus BLUD

“Siswa SMK lebih baik di Pulau Jawa, karena industri semuanya ada di sana,” ucapnya. Kendati demikian, kata Ihwan, SMK di NTB sejak tahun 2021 sudah selesai melakukan tata kelola. Setelah itu baru untuk menunjukkan prestasi.

“Insyaalah di LKS 2024 sudah kita persiapkan dari sekarang dengan target masuk 10 besar,” ujarnya. Kontingen LKS SMK NTB mengirim 36 siswa mengikuti 36 mata lomba. Dari 36 siswa yang mengikuti lomba tidak ada satupun yang mendapatkan medali, baik emas, perak maupun perunggu. (adi)

Komentar Anda