1Ratusan Perahu Hias Meriahkan Festival Pesona Lawata

KOTA BIMA—Ribuan masyarakat Bima tumpah ruah di pesisir Pantai Lawata  mengikuti kegiatan Festival Pesona Lawata 2017 yang digelar Pemerintah Kota (Pemkot) Bima.

Berbagai kegiatan dihelat, diantaranya lomba perahu hias yang diikuti oleh ratusan peserta, lomba dayung, lomba renang bebas dan menikmati santap siang menu serba ikan yang disediakan oleh seluruh SKPD lingkup Pemkot Bima. “Saya sangat mengapresiasi kegiatan yang digelar Pemkot Bima, Festival Pesona Lawata, sebagai salah satu rangkaian even untuk memeriahkan Festival Pesona Tambora 2017. Bagi kami Pemerintah Provinsi NTB, adanya kegiatan yang tersebar di berbagai kabupaten/kota di Pulau Sumbawa ini sekaligus pemerataan kegiatan, yang muaranya adalah untuk mengembangkan sektor kepariwisataan NTB,” kata Wakil Gubernur (Wagub NTB), HM Amin, dalam sambutan.

Menurut Wagub, sektor kepariwisataan saat ini menjadi salah satu program utama dari Pemprov NTB, karena dari sisi potensi Pulau Lombok dan Sumbawa memang memiliki. Selain juga multy player efect-nya dapat langsung dirasakan oleh masyarakat, khususnya dari segi perekonomian. “Hendaknya kedepan kegiatan-kegiatan seperti ini terus dilaksanakan, sebagai salah satu upaya untuk promosi pariwisata kita (NTB). Untuk itu, kami berharap kepada masing-masing kebupaten/kota agar terus berkoordinasi dan bersinergi dengan Pemerintah Provinsi  (Pemprov) NTB, dalam hal ini Dinas Pariwisata NTB, sehingga acara yang digelar bisa meriah, dan berjalan sesuai harapan,” pinta Amin.

Sementara Walikota Bima, H. Qurais H. Abidin, menyampaikan ungkapan terima kasih kepada Pemprov NTB dan segenap jajaran yang telah membantu kesuksesan penyelenggaraan Festival Pesona Lawata 2017. “Even kali ketiga yang telah digelar oleh Pemkot Bima ini, kedepan kami berharap terus dibantu oleh Pemprov NTB, baik dari segi manajemen even, kegiatan dan lainnya,” pintanya.

Untuk pengembangan sektor pariwisata sendiri sambungnya, Pemkot Bima saat ini terus menggali berbagai potensi dan kearifan lokal yang dimiliki Kota Bima. “Seperti Pantai Lawata ini, yang dari hari ke hari performannya terus mengalami peningkatan, dengan dilengkapi atau diperbaikinya berbagai infrastruktur dan fasilitas publik. Karena kami sadar, kata Lawata yang dari jaman kerajaan berarti “pintu pertama”, demikian saat ini juga menjadi pintu gerbang untuk masuk ke Kota Bima,” beber Walikota.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kota Bima, H. Sukri, yang juga Ketua Panitia Festival Pesona Lawata, dalam laporannya menyampaikan, bahwa penyelenggaraan kegiatan tahunan di Pantai Lawata ini dari tahun ke tahun terus mengalami perbaikan. Baik dari sisi jumlah kegiatan, maupun pelibatan secara aktif masyarakat, termasuk SKPD lingkup Pemkot Bima.

“Rangkaian kegiatan Festival Pesona Lawata 2017 yang berlangsung pagi ini telah dibuka dengan lomba renang bebas di Pantai Lawata dengan jarak 200 meter, yang diikut sekitar 50-an peserta. Kemudian berlanjut dengan lomba perahu hias yang diikuti oleh 100-an peserta, dan sepanjang sisi Pantai Lawata, masing-masing SKPD lingkup Pemkot Bima, telah menggelar tenda untuk kegiatan gebyar ikan, yakni kuliner serba masakan ikan yang digratiskan bagi masyarakat pengunjung Pantai Lawata,” tutur Sukri.

“Terpenting, melalui kegiatan Festival Pesona Lawata ini, sekaligus menjadi momen bagi seluruh masyarakat Kota Bima untuk bangkit kembali dari keterpurukan, setelah beberapa waktu lalu dihantam banjir bandang,” lanjut Sukri.

Untuk pengembangan Pantai Lawata sebagai sebuah destinasi wisata, pihak Pemkot Bima juga akan terus berbenah, terutama menambah berbagai fasilitas publik agar para pengunjung yang datang merasa aman dan nyaman. “Pengembangan Pantai Lawata sebagai sebuah destinasi wisata yang layak, Pemkot Bima juga telah bekerjasama dengan Universitas Petra Surabaya untuk Detail Enginering Design (DED),” pungkas Sukri. (gt/adv)

Kembali