Pemkot Klaim Angka Wisatawan Lampaui Target

ATRAKSI : Pepadu cilik menunjukkan ketangkasan mereka bermain Peresean belum lama ini. Tahun ini Pemkot mengklaim angka kunjungan wisatawan melampaui target. (Fahmy/Radar Lombok)

MATARAM- Pemerintah Kota Mataram melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata mengklaim angka kunjungan wisatawan ke Kota Mataram pada tahun 2016 melampaui target.

Data yang disodorkan dinas tercatat angka kunjungan wisatawan baik domestik maupun mancanegara tercatat 623.835 orang. Jumlah ini melampaui target yang dipatok yakni 400 ribu orang.” Tahun 2016 target kunjungan wisatawan kita sudah melampaui target,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Mataram Abdul Latif Najib saat ditemui kemarin.

Ia menjelaskan, dibandingkan dengan tahun 2015, jumlah tahun ini naik signifikan. Tahun lalu jumlahnya 427.725 wisatawan dengan rincian 15.735 wisatawan mancanegara dan 411.933 wisatawan domestik. Sementara tahun ini angkanya 623.835 wisatawan dengan  rincian 16.790 wisatawan mancanegara dan 607.045 wisatawan domestik.

Dijelaskan Latif, tingginya angka kunjungan ke Kota Mataram pada tahun 2016 disebabkan karena adanya sejumlah event nasional yang dipusatkan di Mataram seperti Hari Pers Nasional (HPN), MTQ, Hari Anak Nasional, Gelar Teknologi Tepat Guna  (TTG) dan lain-lain.

Kedepan agar angka kunjungan tetap tinggi meski event jarang, dinas sudah menyiapkan beberapa program salah satunya dengan pelaksanaan Mataram Grade Sale ( MGS).

Pelaksanaan Mataram Grade Sale ini dihajatkan untuk meningkatkan angka kunjungan wisatawan pada awal tahun.  Sebab biasanya pada awal tahun angka kunjungan rendah.

Untuk kegiatan MGS ini Pemkot Mataram menyiapkan dana sekitar Rp 1 miliar. Nantinya akan dilakukan beberapa kegiatan dan diskon besaran-besaran oleh para pelaku usaha.(ami)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Suka
  • Terhibur
  • Sedih
  • Marah
  • Bosan
  • Takut