Kantin SDN 45 Mataram Dapat Piagam Bintang

MATARAM–Kantin Sekolah Dasar Negeri (SDN) 45 Mataram patut menjadi contoh di Kota Mataram. Sekolah ini merupakan  salah satu yang mendapatkan piagam bintang dari Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Mataram.

Piagam tersebut didapat sekolah ini lantaran di tengah meresahkannya bahaya  jajanan, sekolah ini bisa tampil memberikan jajanan higienis. Upaya sekolah ini menjaga jajanan murid higiensi yakni dengan membentuk kantin sehat.

Kepala SDN 45 Mataram, Hj Siti Purnamaraya menjelaskan, piagam bintang satu keamanan pangan yang diberikan untuk kantin sekolah merupakan penghargaan dari BPOM Mataram. Di kantin ini menerapkan prinsip dasar keamanan pangan.

“Pangan dapat disebut aman jika memiliki unsure higenis dan aman dikonsumsi,” ungkapnya, Rabu (2/11).

Disajikannya jajanan higiensi, jelasnya, sebagai salah satu cara untuk meminimalisir keracunan pada kalangan murid yang sempat heboh beberapa hari lalu di beberapa sekolah. Di lain sisi, kesehatan murid juga harus diutamakan.

Karena ingin melihat konsumsi peserta didik lebih aman, sekolah inipun  melarang pedangang asongan berjualan di sekitar sekolah. Murid di sekolah pun diminta tidka belanja sembarang tempat sebelum dipastikan tingkat keamanan barang yang akan dikonsumsi.

Dikatakan, BPOM Mataram telah melakukan pemeriksaan makanan setiap sebulan sekali di kantin sekolah. Sekolah juga memperketat keberadaan pedangang asongan didepan sekolah, serta menutup gerbang sekolah. (dir)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid