Kadis LHK NTB Raih Penghargaan “Green Leadership” dari Kementerian LHK

PENGHARGAAN: Wapres, KH Ma’ruf Amin memberikan penghargaan Green Leadership atau kepemimpinan ramah lingkungan kepada Kepala DLHK NTB, Julmansyah di Jakarta, Rabu (20/12/2023). (ANTARA/PEMPROV NTB)

MATARAM (ANTARA)–Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Nusa Tenggara Barat, Julmansyah  meraih penghargaan Green Leadership atau kepemimpinan ramah lingkungan atas kinerja pengelolaan lingkungan daerah dari Kementerian LHK RI.

Penghargaan tersebut diterima secara langsung oleh Julmansyah yang diserahkan Wakil Presiden, KH Ma’ruf Amin di Jakarta, Rabu, melalui siaran pers diterima di Mataram, Rabu.

Julmansyah meraih penghargaan tersebut setelah melewati seleksi yang melibatkan 38 daerah lainnya. Ia mendapatkan penghargaan tersebut bersama dengan Kepala Dinas LHK Jawa Timur dan Kalimantan Selatan.

“Awalnya, pihak Kementerian LHK melakukan seleksi dari 38 daerah. Selanjutnya, ada proses presentasi, dari hasil presentasi itu menghasilkan 5 besar Kepala Dinas. Selanjutnya dilalukan penilaian presentasi Kepala Dinas secara langsung dan diputuskan 3 besar Green Leadership,” ujar Julmansyah.

Baca Juga :  Pemprov NTB Resmi Ngutang Rp 750 Miliar, Cicilan 8 Tahun

Penilaian untuk penerimaan penghargaan Green Leadership 2023 ini dilihat dari 2 hal. Di antaranya, kemampuan kolaborasi dan inovasinya dalam memimpin Dinas Lingkungan Hidup Provinsi.

“Salah satu poin penting dan menarik dari kinerja pengelolaan LH NTB oleh para dewan juri kemarin adalah dengan kapasitas fiskal NTB yang rendah, akan tetapi mampu merespon isu lingkungan dengan berbagai bentuk kolaborasi dan inovasi-nya,” jelasnya.

Baca Juga :  Pemprov NTB Terkesan Lindungi ASN Koruptor

Sementara itu, Wakil Menteri LHK RI, Alue Dohong mengatakan, Anugerah Lingkungan Proper dan Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah 2023, merupakan penghargaan atas kinerja dunia usaha dalam pengelolaan lingkungan usaha Eco Inovasi dan kepemimpinan lingkungan atau Clean Leadership.

“Proper ini merupakan program yang dimulai sejak 27 tahun yang lalu dan terus melakukan perbaikan pada tahun 2023 ini dan memperoleh penghargaan Top Five Outstanding Achievement of Public Service innovation Awards Tahun 2023 dari KemenPAN RB,” katanya. (Nur Imansyah/Triono Subagyo)

Komentar Anda