Jelang Tutup Tahun, Rachmat Hidayat Bagikan BLT El Nino untuk 200 KK di Loteng

BLT EL NINO: Anggota DPR RI Dapil Lombok dari PDIP, H Rachmat Hidayat membagikan BLT El Nino bersumber dari Kemensos RI untuk 200 KK di Desa Teratak, Loteng.

PRAYA–Jelang tutup tahun, Anggota DPR RI dapil Lombok dari PDI Perjuangan, H Rachmat Hidayat membagikan secara simbolis bantuan langsung tunai (BLT) El Nino bersumber dari Kemensos RI untuk 200 KK lebih warga Desa Teratak, Kecamatan Batu Kliang Utara Kabupaten Lombok Tengah, bertempat di aula kantor desa setempat, masing- masing warga mendapat Rp 400 ribu untuk pembayaran 2 bulan.

Setelah itu Rachmat Hidayat juga membagikan puluhan Kursi Roda untuk orang tua Jompo di tiga kabupaten yakni Lombok Barat, KLU dan Lombok Tengah, Selasa 26 Desember 2023.

Adapun Kursi Roda untuk disabilitas dan Orang Tua Jompo di Lombok Barat dan Lombok Utara , Rachmat meminta Anggota DPRD NTB dari PDIO, Raden Nuna Abriadi yang membagikan ke warga atau orang tua jompo yang miskin dan cacat agar terjadi pemerataan bantuan kemanusiaan yang bersumber pada aspirasi dan wasilahnya.

Sementara saat menyerahkan bantuan langsung tunai El Nino secara simbolis untuk 200 KK warga desa Teratak , Rachmat Hidayat berpesan agar bantuan El Nino bisa dimanfaatkan dengan bijaksana dan sesuai alokasi untuk bertahan hidup.

“Dibawah Pemerintahan Presiden Jokowi banyak sekali keluarkan kebijaksanaan skema bantuan sosial untuk masyarakat dengan berbagaj nama , ada PKH , RST, RTLH, dannlainnya. Terakhir bantuan El Nino,” ujar Rachmat sembari meminta masyarakat Desa Teratak menerima dan mensyukuri dapat bantuan tunai langsung itu.

Rachmat melanjutkan dengan beragam dan jenis bantuan yang dikucurkan oleh Pemerintahan Jokowi agar masyarakat tidak terdampak secara ekonomi akibat perubahan iklim atau pemanasan global.

Baca Juga :  Masyarakat NTB Ucapkan Terima Kasih ke Presiden Jokowi

“Saya rasa banyak warga Desa Teratak yang tidak tahu istilah el nino. Tidak usah dipusingkan. Biar yang pikirkan pakar saja. Yang penting Rakyat Desa Teratak memperoleh bantuan,” ujar Rachmat disambut deraian tawa warga.

Selanjutnya Rachmat menyakini apabila terpilih presidennya baru, rakyat di desa makin bertambah dapat bantuan kemanusiaan dari presiden pengganti Jokowi. “Saya mengimbau agar bapak ibu di desa agar tidak ribut jaga kondusivitas ketertiban sosial di wilayah masing-masing,” ucap Rachmat.

Sementara itu Supri dari Staf Direktorat Kelompok Rentan Kemensos RI mengatakan untuk warga Lombok Tengah saja dialokasikan untuk 16.490 warga, dengan total BLT Rp. 6.596.000.000. “Untuk Lombok Tengah capaian serah terah terima nya melalui Kantor Pos sudah hampir 100 persen ,” kata Supri seraya menunjukkan tabel sebaran penerima BLT per wilayah di lombok.

Terpisah, Kelompok Penerima Manfaat [ KPM ] bantuan Langsung Tunai El Nino yalni Sakmah asal desa Ketangge bersyukur dengan cairnya bantuan tunai el nino dari Kemensos RI. “Bantuan 400 ribu saya akan manfaatkan untuk menambah modal usaha kecil-kecilan dikampung agar tidak langsung habis,” ujar Sakmah.

Usai menyerahkan secara simbolis BLT el Nino , Rachmat Hidayat bergerak menuju ke desa Montong Gamang untuk menyerahkan puluhan bantuan Kursi Roda untuk orang tua jompo dan disablitas.

Tiba di lokasi acara, Rachmat Hidayat yang disertai Anggota DPRD NTB dari PDI Perjuangan , H Ruslan Turmuzi dan Tenaga Ahlinya, Wiwi Yuniarti sudah ditunggu dua orang tua jompo yang cacat yakni Inaq Fatimah dan Inaq Temah yang dua-duanya janda tua renta yang tinggal di dusun menture , desa montong gamang kecamatan kopang.

Baca Juga :  Rachmat Hidayat: Siapapun yang Butuh Kursi Roda, Silahkan Kontak Saya !!!

“Terima kasih Bapak atas bantuan kursi rodanya,” ujar Inaq Temah terbata-bata memakai bahasa Sasak.

Selain membagikan Kursi Roda, Rachmat juga membagikan paket Sembako dan sejumlah tunai dari kantong pribadi untuk Inaq Fatimah dan Inaq Temah. “Saya trenyuh dan sedih melihat kondisi tubuh dan kesehatan dua orang jumpo tersebut,” kata Rachmat dengan ekspresi sedih.

Setelah menyerahkan sumbangan kursi roda , Rachmat Hidayat secara spontan meminta Ruslan Turmuzi melakukan dialog interaktif dengan puluhan warga desa montong gamang yang menyaksikan jalannya penyerahan bantuan kursi roda yang dipusatkan dihalaman rumah Hairir Anwar , warga desa montong gamang.

Dalam orasi pencerahannya , Ruslan Turmuzi berharap agar dalam Pemilu 2024 hendaknya cermat dalam memilih wakil rakyat agar kelak bisa memperhatikan dan memajukan desa saat menjadi wakil rakyat.

“Jangan mudah tergiur iming iming sesaat. Teliti rekam jejak dan kenali orangnya sebelum menentukan pilihan,” kata Ruslan Turmuzi.

Terhadap sejumlah aspirasi yang disampaikan kepada Ruslan Turmuzi selaku wakil rakyat di DPRD NTB , seperti alat musik , bantuan terop, bantuan alat seni lukis untuk vokasi, bantuan aula untuk nengaji, bantuan perluasan irigasi, pada prinsipnya Ruslan Turmuzi tidak menolak dan menyanggupi untuk membantunya.

“Terima kasih atas aspirasinya, saya akan tindak lanjuti sesuai Tupoksi saya , termasuk mengkomunikasikan dengan pihak eksekutif apabila itu menjadi ranah kewenangsn pemerintah Pemprov NTB,” tukas RT, panggilan akrab Ruslan Turmuzi. (rl)

Komentar Anda