Jelang Ramadan, XL Axiata Perkuat Jaringan Data

XL Axiata
Pemeriksaan BTS untuk menjamin kualitas jaringan selama Ramadan dan Lebaran 2020

MATARAM – XL Axiata terus meningkatkan kualitas jaringan data di seluruh wilayah Indonesia. Penguatan jaringan data ini terus dilakukan seiring dengan meningkatnya trafik penggunaan layanan data, karena semakin banyaknya aktifitas masyarakat untuk bekerja, belajar dan beribadah dari rumah. Dan selama bulan Ramadan dan lebaran Idul Fitri tahun ini, aktifitas berkomunikasi masyarakat menggunakan layanan seluler termasuk layanan data di rumah diperkirakan juga akan terus meningkat dengan adanya larangan pemerintah kepada masyarakat untuk tidak melakukan mudik.

Masyarakat diharapkan tetap tinggal dan beraktifitas di rumah termasuk aktifitas beribadah, silaturahmi kepada keluarga dan handai taulan, serta beramal dan berbagi kebaikan selama bulan suci ini. XL Axiata berkomitmen untuk mendukung kenyamanan masyarakat dengan kesiapan jaringan dan berbagai paket layanan yang menarik selama Ramadan dan Lebaran di rumah melalui program #DiRumahLebihBaik dan #TerusSebarKebaikan.

Presiden Direktur & CEO PT XL Axiata Dian Siswarini, mengatakan, demi memenuhi kebutuhan pelanggan selama periode Ramadan dan sekaligus berdiam di rumah terkait Covid-19, XL Axiata telah meningkatkan kapasitas jaringan data hingga dua kali lipat.

“Pada prinsipnya, kami akan ikut mendukung upaya untuk membuat pelanggan betah di rumah selama Ramadan, baik untuk beraktivitas produktif maupun beribadah,” ujar Dian Siswarini.

Selama periode waktu diberlakukanya kebijakan bekerja dari rumah (WFH) dan belajar dari rumah (SFH), untuk trafik layanan seluler terjadi peningkatan trafik sekitar 18% dari kondisi normal.Sedangkan untuk layanan XL Home peningkatan trafik sekitar 20% dari kondisi normal. Kenaikan trafik terjadi secara merata di berbagai kota/wilayah khususnya di wilayah perumahan/residensial.

Sementara itu, Plt Chief Techology Officer XL Axiata I Gede Darmayusa, mengatakan XL Axiata juga telah menyalurkan dalam bentuk dana sebesar Rp 10 miliar melalui BNPB dan selanjutnya dari Rp 10 miliar tersebut sudah disalurkan ke Dewan Masjid Indonesia (DMI) sebesar Rp 5 miliar dan Palang Merah Indonesia (PMI) sebesar Rp 5 miliar, serta Rp 800 juta dalam bentuk APD yang disalurkan ke berbagai rumah sakit penanganan Covid-19.

Gede menambahkan selama Ramadan dan lebaran, diperkirakan akan terjadi kenaikan trafik layanan dibandingkan hari-hari biasa (normal). Untuk layanan data perkiraan akan meningkat sekitar 15%-20%, sedangkan untuk layanan percakapan sekitar 5% dan untuk layanan SMS trafiknya relatif stabil. 

Jumlah pelanggan XL Axiata saat ini mencapi lebih dari 56 juta pelanggan dengan dukungan jaringan data 4G yang tersebar hingga pelosok-pelosok Indonesia. XL Axiata memiliki lebih dari 130 ribu BTS, termasuk lebih dari 54 ribu BTS 3G dan lebih dari 40 ribu BTS 4G. Saat ini layanan 4G XL Axiata juga sudah hadir di lebih dari 425 kota/kabupaten di Indonesia.

“Jaringan XL Axiata juga ditopang fiber optik sepanjang lebih dari 45 ribu km yang membentang dan menghubungkan berbagai wilayah dan kepulauan di Indonesia,” ujar Gede. (luk)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid