Jadi Psikolog Profesional

Edni Yoga Sari SPsi (Sudir/Radar Lombok)

Edni Yoga Sari SPsi adalah seorang psikolog di Mataram. Kemarin ia menceritakan banyak pengalamannya menangani klien. Baginya seorang psikolog memiliki tugas yang lebih berat dari seorang dokter. Seorang psikolog langsung bersentuhan dengan perasaan serta penyakit jiwa sesorang.

Ia menceritakan itu saat ditemui kemarin. Dalam dunia psikologi, banyak hal yang perlu didalami seperti prilaku klien. Manusia katanya, tidak pernah lepas dari tiga aspek yaitu pikiran, perasaan, dan juga tingkah laku. Seorang psikolog akan berupaya untuk memahami bagaimana manusia berpikir, bagaimana perasaannya dan bagaimana pula mereka menunjukkan perilaku ketika menghadapi situasi tertentu. “ Jadi itu yang kita dalami,” ungkapnya.

Seorang psikolog punya peran melakukan upaya penyembuhan atau pencegahan terhadap munculnya gangguan kejiwaan pasien. Kemudian peran lainnya adalah membentuk prilaku sehat secara perorangan maupun kelompok serta meningkatkan perkembangan jiwa dan kualitas hidup individu atau kelompok.

[postingan number=3 tag=”figur”]

Masalah-masalah yang sering muncul di klien seperti kecemasan, tidak percaya diri, kenakalan remaja, bagaimana membentuk keluarga yang harmonis, atau masalah anak seperti yang dijelaskan sebelumnya juga merupakan kasus-kasus yang dapat ditangani.

Seorang psikolog bekerja dengan cara yang sederhana yaitu mengajak klien berbicara. Inilah yang disebut dengan konsultasi, seseorang datang menemui psikolog, kemudian bila mereka tengah menghadapi suatu masalah, psikolog akan mendengarkan.

Kemampuan yang harus dimiliki, katanya, yakni harus  memahami keadaan klien serta bersama-sama akan diupayakan jalan keluar atas masalah tersebut. Selain konsultasi, psikolog terkadang menggunakan berbagai alat tes (misalnya tes IQ) dalam rangka melengkapi data tentang pasien.(dir)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid