ITDC Sediakan 50 Stan UMKM di Area Parkir Sirkuit

umkm mandalika
Ketua Dekranasda NTB Hj Niken Zulkieflimansyah bersama Kepala Dinas Perindustrian NTB Nuryanti dan Kepala Dinas Perdagangan NTB Faturrahman di salah satu acara, Selasa (16/11).

MATARAM – Sebanyak 50 stand disiapkan oleh ITDC untuk para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Provinsi NTB di sekitar sirkut Mandalika. Stan UMKM ini berada di area parkir sirkut Mandalika.

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) NTB Hj Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah mengaku sudah memastikan ke pihak penyelenggara kalau UMKM dilibatkan di event internasional World Superbike (WSBK). Selain itu, tersedianya stan bagi UMKM ini dapat menjadi media untuk memperkenalkan produk lokal kepada tamu-tamu atau penonton yang datang.

“Setiap stan di parkir Sirkuit Mandalika dapat diisi oleh dua UMKM. Sudah disediakan 50 stan untuk UMKM di parkir Sirkuit Mandalika dan semoga dengan adanya stan ini, UMKM bisa terserap,” kata Niken Zulkieflimansyah, Selasa (16/11).

Perhetalan balap motor WSBK menjadi momentum ditunggu-tunggu oleh masyarakat, termasuk para UMKM. Apalagi akan mendatangkan puluhan ribu tamu untuk menyaksikan event balap motor internasinal tersebut. Artinya ada peluang bagi pelaku usaha meraup keuntungan lebih besar di tengah kondisi pandemi Covid-19 yang sempat membuat mereka terpuruk.

“Selain stan di Sirkuit Mandalika, UMKM juga disediakan 10 stan di kawasan Bazar Mandalika,” ujarnya.

Saat ini para pelaku usaha sedang menyiapkan produknya untuk ditawarkan kepada tamu khususnya yang dari luar NTB. Mengingat tamu yang menonton tidak hanya dari lokal Indonesia, tetapi ada juga dari luar negeri. Karena perhelatan ini diharapkan mampu menarik tamu luar daerah dan luar negeri.

“Kami pastikan produk yang ditawarkan juga berkualitas, sehingga berkesan bagi pembeli,” katanya.

Event WSBK akan berlangsung pada 19-21 November di Sirkuit Mandalika. Logistik dan kru World Superbike sudah mulai berdatangan ke Mandalika melalui Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid (BIZAM) Lombok dengan pesawat kargo Qatar Airways. Selain event WBSK akan ada event lainnya juga diselenggarakan, yakni Idemitsu Asian Talent Cup (IATC) yang sempat tertunda karena kendala teknis dan bersamaan digelar pada 19-21 November.

“Mudah-mudahan event yang diselenggarakann bisa berjalan dengan lancar dan memberikan dampak positif bagi UMKM NTB,” imbuhnya. (dev)