Inovasi UNW Mataram Hasilkan Pupuk Organik Berkualitas

HUT UNW: Rektor UNW Mataram, Dr TGH. Lalu Muhyi Abidin, MA memberikan potongan kue ulang tahun UNW Mataram ke 35, kepada Wakil Wali Kota Mataram, TGH  Mujiburahman, Sabtu (4/9). (ist for radarlombok.co.id)

MATARAM—Universitas Nahdlatul Wathan (UNW) Mataram memberikan gebrakan di Hari Ulang Tahun (HUT) ke 35. Dimana Fakultas Pertanian dan Fakultas Peternakan menghasilkan produk pupuk organic berkualitas tinggi. Penemuan ini ditunjukkan saat Peringatan HUT, Sabtu 4 September 2021 di aula kampus setempat.

Rektor UNW Mataram, Dr TGH. Lalu Muhyi Abidin, MA mengatakan, puncak ulang tahun UNW Mataram menjadi hari yang luar biasa dan istimewa. Civitas akademika UNW Mataram menghasilkan inovasi pupuk organik berkualitas tinggi. “Sebelumnya UNW belum pernah mengadakan kegiatan-kegiatan seperti ini, hingga akhirnya saat ini kami mampu menunjukkan eksistensi UNW Mataram,” katanya kepada hadirin.

Dijelaskan, UNW Mataram telah melahirkan alumni-alumni yang membanggakan. Jajaran kampus pun terus berupaya menghasilkan temuan yang bermanfaat bagi masyarakat. “Salah satunya kado HUT UNW adalah pupuk cair dan padat dengan nama Bio Rinjani. Ini merupakan produk pupuk organik berkualitas tinggi dari Fakultas Pertanian dan Fakultas Peternakan UNW,” sambungnya.

Ia selaku Rektor UNW Mataram berharap pupuk cair dan padat yang dihasilkan dapat membawa manfaat bagi dunia pertanian di NTB.

BACA JUGA :  Dua Mahasiswa UNW Mataram Terpilih Program Kampus Mengajar

Hadir dalam HUT UNW Mataram, Sekda Provinsi NTB HL Gita Aryadi serta Wakil Wali Kota Mataram TGH. Mujiburahman.

Kesempatan itu, Sekda Provinsi NTB HL Gita Aryadi dalam sambutan memberi ucapan selamat kepada UNW Mataram. Ia mendoakan salah satu kampus swasta terbaik ini tetap jaya.

“Ulang tahun ini menjadi momentum untuk mengevaluasi perjalanan UNW Mataram. Atas nama Pemprov NTB menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada UNW Mataram, yang telah berkontribusi untuk membangun negeri,” kata Gita.

Sementara itu, Wakil Walikota Mataram TGH  Mujiburahman mengatakan, 35 tahun lalu ketika masih SMP, dia mengaku sering berjalan-jalan di depan Kampus UNW Mataram. “Saat ini, dan sekarang saya bisa berdiri disini,” kata dia.

Ia berharap, di usia yang ke 35 ini UNW Mataram mampu memberikan hal-hal yang membawa kebermanfaatan untuk Masyarakat Kota Mataram dan NTB. “Kedepannya kita bisa membangun komunikasi yang lebih komunikatif secara teknis dengan UNW Mataram,” ujarnya.

BACA JUGA :  UNW Mataram Raih Peringkat Terbaik III PTS Balinusra

Salah satu undangan, yang juga Kepala Desa Malaka, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, Akmaluddin Ikhwan menyambut baik keberadaan pupuk organik ini. Diakuinya, harga dari pupuk ini terjangkau bagi masyarakat. “Menurut saya ini sangat bagus. Secara Kualitas dari paparan saat launching tadi kan tidak kalah saing dengan produk lainnya,” katanya.

Inovasi Fakultas Pertanian UNW Mataram diharapkan bisa menjadi contoh bagi perguruan tinggi lain di NTB. Ke depan, Pemerintah Desa Malaka akan berupaya kerjasama dengan UNW Mataram untuk produksi dan penggunaan pupuk organik UNW Mataram ini.

“Harapan kita juga bisa bekerjasama untuk produksi. Supaya ini juga menjadi nilai tambah meningkatkan ekonomi masyarakat,” tambahnya.

Kegiatan Hari Ulang Tahun ke 35 UNW Mataram selain peluncuran Pupuk Organik Cair dan Padat Bio Rinjani, sebelumnya menggelar bakti sosial membagikan Sembako ke masyarakat kurang mampu. (gt)