HUT ke 52 Astra Motor Tanam 10.000 Pohon

ASTRA HONDA
PENGHIJAUAN : Manajemen Astra Motor NTB melakukan penanaman pohon di taman halaman depan kantor Astra Motor NTB.

MATARAM – Perayaan HUT ke 52 Astra Motor yang jatuh pada tanggal 15 Juni 2022 dirangkaikan dengan beragam aktivitas, mulai dari perlombaan antar karyawan Astra se-Indonesia dan ditutup dengan pelaksanaan kontribusi pada bidang lingkungan. Pada Sabtu (6/7) kegiatan CSR berupa penanaman bibit pohon dilakukan serentak di seluruh Cabang Main Dealer Astra Motor di 11 jaringan mulai dari Sumatera Selatan, Bengkulu, Jakarta, Jawa Tengah, Bali, NTB, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Sulawesi Selatan, hingga Papua.

Bentuk penanaman bibit pohonnya beragam sesuai dengan kondisi daerah masing-masing wilayah, namun pada pelaksanaan puncaknya yang terpusat di wilayah Jawa Tengah tepatnya di Semarang, penanaman bibit pohon bakau dilakukan di Mangunharjo Kecamatan Tugu sebanyak 1.000 bibit pohon. Dengan mengusung tema “Satu Pelari Satu Pohon”, tercatat 1.000 pelari Astra Motor menyumbang total 1.000 bibit pohon yang digabung penanamannya pada kegiatan ini.

Admin.Fin Manager Astra Motor NTB Agung Nugroho mengatakan, di kantor cabang Astra Motor NTB dilakukan penanaman bibit pohon ketapang kencana dan pohon jasmine yang di tanam di taman kantor Astra Motor NTB dan ada juga ditanam di kebun belakang kantor.

Baca Juga :  Ratusan Peserta Hadiri Puncak Acara Festival Vokasi

“Astra Motor NTB turut memeriahkan aksi penanaman pohon ini secara simbolis yang mana pelaksanaan kegiatan besarannya dilakukan di Semarang. Di sini kami tak ingin ketinggalan uforianya dengan turut menanam bibit pohon ketapang kencana dan pohon jasmine di area Gedung kantor,” jelas Agung.

Pada kegiatan yang terpusat di Semarang, Astra Motor bekerja sama dengan pegiat lingkungan tanaman mangrove Jawa Tengah dengan melakukan simbolis penanaman pohon pertama di area pesisir pantau Utara Jawa. Apresiasi juga diberikan kepada Komunitas Lari Insan Astra Motor yang turut memeriahkan HUT ke 52 tahun Astra Motor. Dengan tema “1 Pelari 1 Pohon”, sejumlah 1.000 peserta terdaftar, sehingga dapat dikonversikan 1.000 bibit pohon telah disumbangkan untuk kegiatan ini.

Baca Juga :  Mario Suryo Aji Akan Start dari Baris Kelima di Valencia

Dengan “Semangat Keberlanjutan” dalam kontribusi positif dibidang ESG (environmental, social and governance), Astra Motor telah memasuki fase ketiga penanaman bibit pohon bakau di Jawa Tengah. Penanaman pertama kali dilakukan pada tahun 2015 dengan 12.000 bibit pohon mangrove, kemudian 5.000 bibit pada 2020 dan 10.000 bibit mangrove pada tahun 2022. Sehingga sampai saat ini Astra Motor telah menanam 27.000 bibit pohon bakau dari tahun 2015 hingga 2022.

Sururi selaku pegiat lingkungan tanaman mangrove menjelaskan bahwa kegiatan penanaman bibit pohon ini sudah dilakukannya sejak tahun 1995, karena saat itu pemukiman penduduk dengan pantai hanya berjarak 800 meter saja. Saat ini dampaknya mulai dirasakan dilingkungan dengan semakin rindangnya hutan mangrove, sehingga jarak pantai dengan lokasi pemukiman penduduk terpaut 2 kilometer.

“Terima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah peduli dan aktif berkontribuksi terhadap pelestarian ekosistem Hutan Mangrove ini sehingga penanggulangan abrasi dapat dilakukan,” tutur Sururi. (luk)

Komentar Anda