Guru Bahasa Dilatih Menulis Karya Ilmiah

Guru Bahasa Dilatih
PELATIHAN : Kepala Kantor Bahasa NTB, Umi Kalsum bersama Kepala Dinas Dikbud NTB H Rusman saat memberikan sambutan pada pembukaan bimtek penulisan karya ilmu untuk guru bahasa, kemarin.( ABDI ZAELANI/RADAR LOMBOK)

MATARAM – Kantor Bahasa NTB menggelar Bimibingan Teknis (Bimtek) penulisan karya ilmiah untuk guru bahasa se-Pulau Lombok dalam rangka meningkatkan kemampuan guru menulis. Kegiatan tersebut diikuti 100 guru untuk semua jenjang se-NTB, kemarin.

Kepala Kantor Bahasa NTB, Umi Kalsum mengatakan, pihaknya menghadirikan tim ahli yang paham terkait karya tulis dengan tujuan bisa meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun karya ilmiah.

“Kita ingin guru bahasa di NTB bisa membuat karya ilmiah, selain bisa mengajar. Sebab karya ilmiah ini penting untuk menjadi acuan naik pangkat,” kata Umi Kalsum dihadapan guru peserta bimtek penulisan karya ilmiah. Hadir juga dalam kegiatan itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) NTB H Rusman, Akademisi Universitas Ganesa Denpasar Dr I Wayan Artika.

Dikatakannya, kegiatan ini tentunya tidak terlepas dari kerja sama dengan Dinas Dikbud NTB dan Dikbud kabupaten/kota untuk memberikan pelatihan kepada guru bahasa.

Sementara itu, Kepala Dinas Dikbud NTB H Rusman memberi apresiasi kepada Kantor Bahasa NTB yang telah melaksanakan kegiatan Bimtek penulisan karta ilmiah dalam rangka meningkatkan kualitas tenaga pendidik, sekaligus sebagai upaya agar guru bahasa selain bisa mengajar, tapi bisa juga membuat karya ilmiah. Sebab syarat untuk naik pangkat ada karya yang dihasilkan.

“Kemampuan guru menulis karya ilmiah ini sangat penting,” kata Rusman.

Menurutnya, kegiatan Bimtek penulisan karya ilmiah kepada guru ini penting. Karena masih banyak guru terkendala naik pangkat disebabkan tidak bisa membuat karya ilmiah. Selain itu, pihaknya juga akan melakukan pendampingan kepada guru supaya bisa membuat karya tulis.

‘Kami juga akan memberikan pendampingan kepada guru untuk pelatihan membuat karya tulis ini,” katanya. (adi)