Fina Widia Ningrum, Pelajar Lotim Terpilih Anggota Paskibraka Nasional

Fina Widia Ningrum Pelajar Lotim Terpilih Anggota Paskibraka Nasional
PASKIBRAKA NASIONAL: Fina Widia Ningrum, pelajar Lotim yang berhasil terpilih menjadi anggota Paskibraka tingkat Nasional. (GAZALIE/RADAR LOMBOK)

Tahun ini, salah satu pelajar asal Lombok Timur (Lotim) terpilih menjadi angggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat Nasional. Dia adalah Fina Widia Ningrum, asal Desa Aikmel, Kecamatan Aikmel.


GAZALI – LOTIM


KABUPATEN Lombok Timur (Lotim) tentu patut berbangga. Sebab, Lotim merupakan satu-satunya kabupaten yang berhasil mengharumkan nama NTB di kancah nasional. Dimana salah satu pelajar asal Lotim, Fina Widia Ningrum  berhasil terpilih menjadi anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka ) Nasional pada Hari Kemerdekaan RI 17 Agustus 2017 mendatang.

Fina sapaan akrabnya, merupakan pelajar dari SMAN 1 Aikmel. Gadis belia yang bertubuh jangkung ini masih duduk dibangku kelas XI. Keberhasilannya terpilih menjadi anggota Paskibraka Nasional, setelah melalui sejumlah tahapan seleksi. Mulai dari seleksi di tingkat kecamatan, kabupaten, dan terakhir di tingkat provinsi. “Saya sangat bangga. Karena bisa mewakili NTB di tingkat nasional,” ungkap Fina Kamis kemairn (13/7).

Keberhasilannya juga tak lepas dari buah kerja kerasnya selama ini. Dan juga disertai dengan doa, dan dukungan dari kedua orang tuannya. Selama mengikuti sejumlah tahapan seleksi, dia terus mempersiapkan  diri. Mulai dari latihan rutin, termasuk juga mengasah wawasan yang menjadi syarat untuk bisa lolos menjadi anggota Paskibaraka Nasional.

“Saya senang. Karena disana nanti saya akan bertemu dengan peserta lainnya yang berasal dari beragam suku dan adat. Kita bergabung menjadi satu untuk mengibarkan bendera pusaka,” tuturnya.

Putri dari pasangan Ambarodi, dan Wiwik Suprihatin ini mengaku sudah bercita-cita menjadi anggota Paskibraka sejak masih duduk dibangku sekolah dasar (SD). Terlebih ketika melihat anggota Paskibraka mengibarkan bendera pusaka di Istana Negera melalui televise, saat Hari Kemerdekaan 17 Agustus.

Dari sanalah dia terus mamacu semangat. Sehingga selama mengenyam pendidikan di bangku sekolah, Fina pun aktif mengikuti berbagai kegiatan ekskul yang ada di sekolahnya, terutama sebagai anggota Paskibaraka. Keberhasilannya juga tak lepas dari doa dan dukungan yang diberikan oleh kedua orang tuannya.

“Dari kecil saya suka melihat  anggota Paskibaraka. Apalagi ketika saya tonton TV, saya menjadi samangat,” tutupnya.

Sementara itu, pelatih Fina, Ipda Irpan menyampaikan, terpilihnya Fina sebagai anggota Paskibaraka Nasional tentu sangat membangggakan. Sebab, Lotim terakhir kali mengirim pelajarnya menjadi anggota Paskibraka tahun 2009 yang lalu, yaitu salah satu siswa dari SMAN 1 Selong. Dan setelah itu tidak ada lagi. “Tahun ini satu pelajar Lotim terpilih. Dan ini membanggakan Lotim. Dia satu-satunya dari NTB,” sebutnya.

Latihan rutin dan disiplin yang tinggi sambungnya, menjadi salah satu kunci keberhasilan Fina terpilih menjadi anggota Paskibraka Nasional. Selain itu, tentu juga ditopang dengan wawasannya yang mempuni. “Kita juga melatih fisiknya. Latihan yag kita berikan kurang lebih selama dua bulan,” terangnya.

Kedepan dia berharap, akan ada lagi Fina-Fina lainnya yang berasal dari Lotim  yang terpilih menjadi anggota Paskibraka Nasional. Sebab, ini baginya tidak hanya menjadi kebanggan bagi pribadi dan keluarga, melainkan juga bagi Lotim, dan umumnya NTB . (*)