Dua Atlet Voli Pasir NTB Masuk Program Pelatnas

ATLET : Inilah Danangsyah Yudistira Pribadi (kanan) yang dipanggil Pelatnas Voli Pasir.(IST)

MATARAM – Dua atlet Voli Pasir putra NTB Danangsyah Yudistira Pribadi dan Sofyan Rachman masuk dalam Pemusatan Pelatihan Nasional (Pelatnas). Keduanya ditempa untuk mengikuti kualifikasi Olimpiade Paris 2024.

“Ya keduanya sedang Pelatnas. Sofyan tercatat sebagai atlet PON,” ujar Asisten Pelatih Voli Pasir NTB Surahman Sidik, Selasa (27/2).

Menurut Surahman, kualifikasi olimpiade akan dimulai Juni mendatang. Ada sepuluh tiket olimpiade yang diperebutkan melalui kualifikasi tersebut. Terdiri dari lima tiket putra dan lima tempat untuk putri.

Baca Juga :  Tak Terurus, Sirkuit Motocross di Eks Bandara Selaparang Vakum

Untuk diketahui, negara yang bisa lolos kualifikasi olimpiade khusus voli pasir ditentukan dalam tiga metode, Dua tempat pertama direbut tim putra Republik Ceko dan tim putri Amerika Serikat. Keduanya menjadi juara Kejuaraan Dunia Voli Pantai 2023 yang berlangsung 6-15 Oktober 2023.

Kemudian 17 kuota putra dan 17 kuota putri diberikan kepada tim yang menempati peringkat 17 besar dunia. Peringkat tersebut memperhitungkan 12 penampilan terbaik pasangan periode 1 Januari 2023 hingga 10 Juni 2024, seperti Kejuaraan Dunia Bola Voli Pantai FIVB 2023, Tur Pantai Pro dan Final Tur Kontinental yang diakui.

Baca Juga :  Lalu Zohri Diupayakan Bisa Tampil Gemilang di Olimpiade

Lima tempat tersisa dari sektor putra dan putri akan dialokasikan dalam lima turnamen Olimpiade Kontinental, dengan pasangan pemenang dari masing-masing acara mengamankan tempat mereka di Olimpiade. Fase terakhir dari lima acara ini akan diadakan antara 13-23 Juni 2024. (rie)

Komentar Anda