Dikes Akan Bentuk Posko Kesehatan

LOKASI: Salah satu lokasi posko yang dibentuk Dinas Kesehatan (HERY MAHARDIKA/RADAR LOMBOK)

TANJUNG-Dinas Kesehatan Lombok Utara akan membentuk posko kesehatan di sejumlah titik yang dijadikan lokasi masyarakat mengikuti perayaan malam tahun baru.

Direncanakan, ada tiga posko yang akan dibentuk yaitu di Bangsal, Gangga, dan Gili Trawangan. “Bangsal dan Gangga sebagai lokasi utama, termasuk juga di Gili Trawangan. Kita akan mulai buka pada tanggal 25 Desember tepatnya hari minggu,” terang Plt Kepala Dinas Kesehatan Lombok Utara, H Suhardi, Selasa (20/12).

Ia menegaskan, di masing-masing posko nantinya akan diisi personel gabungan mulai dari Dikes, BPBD, kepolisian, dan TNI. Selain tiga posko tersebut pihaknya juga meminta seluruh puskesmas yang ada di Lombok Utara untuk standby. Di masing-masing posko ada tiga sampai empat petugas yang standby. “Petugas yang mobile juga ada. Dan kami sudah melakukan koordinasi,” katanya.

BACA JUGA :  Murid SDN 1 Akar-Akar Lombok Utara Idap Penyakit Aneh

Terpisah, Kabid Pelayanan RSUD Tanjung, Made Suasa menyatakan, pihak RSUD akan siaga penuh pada saat malam tahun baru. Bahkan setiap hari pihaknya sudah siaga 24 jam untuk UGD. “Tetapi saat malam tahun baru kita tingkatkan lagi karena mobilitas warga sangat tinggi pada malam tahun baru itu,” tandasnya.

Menurutnya, jika melihat tahun-tahun sebelumnya, kasus kecalakaan lalu lintas merupakan kasus paling tinggi dan kerap terjadi saat malam tahun baru. Oleh karenanya, tenaga, sarana, dan obat-obatan telah disiapkan secara maksimal. “Kita siaga mulai sehari sebelum malam tahun baru dan sehari sesudahnya,” terangnya.

Sementara untuk kasus emergensi seperti laka lantas, Made mengungkapkan tidak memerlukan proses rujukan dari Puskesmas dan bisa ditangani langsung di rumah sakit. (flo)