Delapan Peserta Pansel Rebutan Dua Jabatan Kadis

BERKAS: Isnaini, salah satu pelamar lelang jabatan eselon II Kota Mataram menyerahkan berkas pendaftaran (ALI/RADAR LOMBOK SERAHKAN)


MATARAM—Pendaftaran seleksi jabatan untuk dua jabatan di Lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Mataram, resmi ditutup. Hingga batas akhir pendaftaran dibuka, ada 11 orang yang mendaftar di Sekretariat panitia seleksi (Pansel) di Kantor Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Mataram.
Namun ternyata cuma 8 peserta saja yang mengembalikan dan menyerahkan berkas pendaftaran secara lengkap. Ke 8 peserta ini dipastikan akan mengikuti tahapan seleksi selanjutnya. “Tadi sampai pendaftaran ditutup, ada 8 peserta yang mengembalikan formulir pendaftaran. Berkasnya juga sudah lengkap,” ujar Kepala BKPSDM Kota Mataram, Baiq Asnayati.


Sebagai informasi, Kota Mataram menyiapkan seleksi untuk pengisian dua jabatan eselon II, yakni Jabatan Kepala Dinas Pendidikan dan Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP2KB) Kota Mataram.
Dari 8 peserta yang menyerahkan berkas, ada 3 peserta mendaftar untuk dua jabatan. Sementara 5 pendaftar mendaftar untuk satu jabatan. Kemudian dari 11 pendaftar yang mendaftar, untuk jabatan Kepala Dinas Pendidikan lebih banyak peminatnya.
Jabatan Kepala Dinas Pendidikan ini diisi oleh 7 orang pendaftar yang sudah menyerahkan kelengkapan berkas. “Tujuh orang secara keseluruhan yang mendaftar jabatan Kepala Dinas Pendidikan,” terang Asnayati.
Sementara untuk jabatan Kepala DP2KB, hingga pendaftaran ditutup hanya diminati oleh empat orang pendaftar. “Ini juga sudah menyerahkan kelengkapan berkas,” imbuhnya.
Pasca pendaftaran ditutup, panitia akan melakukan pemeriksaan administrasi berkas yang diserahkan peserta. Tim Pansel juga memeriksa seluruh kelengkapan berkas peserta. “Berkasnya akan diperiksa, terus akan diplenokan untuk ditetapkan sebagai peserta seleksi,” katanya.

Baca Juga :  Mobil Dinas Dilarang Pakai Pertalite


Asnayati mengatakan, mengacu pada ketentuan, maka pendaftar lelang jabatan eselon II lingkup Kota Mataram sudah memenuhi kuota. Yakni untuk satu posisi minimal dengan tiga orang pendaftar. Karena itu, pendaftaran lelang jabatan eselon II Kota Mataram dipastikan tidak diperpanjang alias ditutup. “Karena kuota minimal tiga orang itu sudah terpenuhi. Ya tidak diperpanjang. Tinggal kita plenokan nanti,” jelasnya.
Sementara untuk tahapan selanjutnya, masing-masing peserta yang berkasnya sudah memenuhi persyaratan. Oleh panitia akan dikumpulkan untuk mengikuti tehnical meeting. “Tehnical meeting besok pagi (hari ini) di Ruang Kenari Kantor Wali Kota Mataram. Nanti akan disampaikan oleh tim pansel tentang pelaksanaan seleksi,” terangnya.
Dari data seluruh peserta yang mendaftar. Hanya satu peserta yang berasal instansi di luar Kota Mataram. Dia adalah Lalu Ridwan yang saat ini menjabat sebagai Kepala Sekretariat Bawaslu Kota Mataram. “Karena kan Bawaslu dan KPU sejak tahun lalu jadi instansi vertikal di pusat. Jadi di luar Pemkot Mataram itu satu orang pesertanya,” kata Asnayati.

Baca Juga :  Realisasi Mall Pelayanan Publik Dipertanyakan


Di Sekretariat Pansel Kantor BKPSDM Kota Mataram. Terpantau cukup banyak peserta yang datang menyerahkan kelengkapan berkas. Namun peserta irit berkomentar tentang kesiapan dan persiapan mengikuti lelang jabatan. “Saya kan basic-nya itu pendidikan. Saya ingin kembali ke basic saya di Dinas Pendidikan,” kata salah satu peserta, Lalu Ridwan.
Sementara Ketua Fraksi Amanah Bangsa DPRD Kota Mataram, Ahmad Azhari Gufron, meminta proses lelang jabatan dilaksanakan secara terbuka. “Semoga tetap trasparan dan mengedepankan kompetensi dari kalangan pejabat yang mengikuti seleksi,” kata Gufron.


Sesuai data daftar pelamar, untuk jabatan Kepala Dinas Pendidikan Kota Mataram diikuti oleh Ahmad Muzakki, Leny Oktavia, Lalu Ridwan, Gusti Ayu Mahakamiati, Muhammad Iswan, Isnaini, dan Yusuf. Sedangkan untuk jabatan Kepala DP2KB, diikuti Gusti Ayu Mahakamiati, Ahmad Muzakki, M Carnoto dan H Zuhad. (gal/dir)