Capaian KLU pada Usia 15 Tahun Diakui Para Tokoh

HUT KLU: Bupati Djohan Sjamsu saat memimpin upacara HUT KLU ke-15 di halaman kantor bupati setempat, Jumat (21/7). (IST FOR RADAR LOMBOK)

TANJUNG–Peringatan hari ulang tahun (HUT) Kabupaten Lombok Utara (KLU) ke-15 digelar sederhana, Jumat (21/7).

Upacara HUT KLU dipusatkan di halaman kantor bupati dengan dihadiri Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Anggota DPD dan DPR RI, DPRD Provinsi, mantan Bupati, pimpinan OPD, camat, kades dan para tamu undangan.

Bupati Djohan Sjamsu mengatakan bahwa di usia KLU ke-15 banyak hal yang telah dicapai. Ini tak terlepas dari kerja sama semua pihak. “Saya juga bangga masyarakat ikut berpartisipasi sehingga tujuan pokok kita seperti mengurangi angka kemiskinan dan stunting itu menurun,” ujarnya.

Sebagaimana disampaikan sebelumnya bahwa angka kemiskinan saat ini 25,93 persen. Data BPS 2023 menunjukkan adanya penurunan kemiskinan sebesar 1,11 persen dibandingkan tahun 2022 lalu sebesar 27,04 persen.

Kemudian angka stunting saat ini di angka 19,5 persen. Jika dibandingkan dengan tahun 2021 yang sebesar 28,31 persen berarti terjadi penurunan signifikan. “Meskipun turun sedikit tetapi kita bersyukur,” ujarnya.

Selain menurunkan angka kemiskinan dan stunting menurut Djohan, masih banyak pekerjaan rumah pemerintah daerah ke depan. Di bidang infrastruktur pihaknya mengawal pelebaran jalan nasional sepanjang 41,6 kilometer yang harus tuntas tahun depan. “Saya berterima kasih kepada warga yang sudah ikhlas menyerahkan tanah dan bangunan untuk pembangunan jalan ini,” ucapnya.

Baca Juga :  Pemerkosaan Modus Memaling Terjadi di Tanjung

Selain itu ada juga jalan lingkar utara (jalinkra) yang akan dimulai tahun ini. Pembangunan dilakukan secara bertahap karena butuh biaya besar. Panjang jalannya 10,5 km dengan lebar 20 meter. Jalan ini mengambil sisi pesisir pantai utara, dengan rata-rata jarak dari bibir pantai berkisar 100 sampai 300 meter.

“Tahun ini tahap awalnya dimulai dari arah timur dengan dana Rp 61 miliar dari dana Inpres. Mudahan ke depan jalan ini tuntas dikerjakan sehingga manfaatnya bisa dirasakan maksimal oleh masyarakat,” ucapnya.

Mantan Bupati Lombok Utara Najmul Akyar mengapresiasi capaian yang ditorehkan Pemda KLU bersama masyarakat. Di usia ke-15 tahun, KLU masih butuh perjuangan ekstra agar bisa lebih baik lagi ke depan. “PR yang harus dituntaskan yaitu mengurangi angka kemiskinan dan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Kalau istilah saya dulu pelayanan berbasis desa yang bisa langsung dimanfaatkan masyarakat,” bebernya.

Baca Juga :  Polisi Gagalkan Upaya Kades Damaikan Kasus Pelecehan Anak

Anggota DPD RI Dapil NTB, Achmad Sukisman Azmy mengatakan bahwa perkembangan KLU di usianya ke-15 tahun cukup luar biasa. “Kalau tidak ada gempa dan covid-19 bisa dibayangkan luar biasanya perubahan di KLU,” ungkapnya.

Yang menarik dari capaian Pemda KLU ini adalah bisa menjemput dana ke pusat untuk pembangunan jalinkra. “Sulit mendapatkan dana ini untuk kita di Lombok. Setelah Lombok Tengah berarti yang mendapat perhatian khusus dari pemerintah pusat ini adalah Lombok Utara,” ucapnya.

Ketua DPRD KLU Artadi mengatakan bahwa dengan bertambahnya usia KLU pihaknya berharap kepada pemda untuk terus berinovasi membawa perubahan ke arah yang lebih baik lagi. “Kemudian capaian atau prestasi yang disampaikan Pak Bupati kita jangan terlalu bereuforia. Tetapi itu jadi motivasi supaya semua kita terus berjuang bagaimana untuk kesejahteraan masyarakat,” ucapnya. (der)

Komentar Anda