Calon Sekda Siap Jalani Tahap Selanjutnya

Yulian Yugi Lusianto
Yulian Yugi Lusianto.( M. GAZALI/RADAR LOMBOK)

SELONG– Ada enam orang calon Sekretaris Daerah (Sekda) Lombok Timur yang telah ditetapkan pansel. Mereka adalah pejabat eselon II lingkup Pemkab Lotim. Mereka adalah Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPAKD), HM. Juaini Taofik, Sekretaris DPRD,  Lalu Dami Ahyani, Kepala Dinas Pariwisata, H. Mugni, Kepala Bappeda, Achmad Dewanto Hadi, Kepala Bapenda, Slamet Alimin, dan Kepala BPBD, Purnama Hadi.

Selesai seleksi kelengkapan administrasi, keenam calon Sekda  tersebut kembali akan mengikuti beberapa tahapan berikutnya sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Diantaranya seleksi uji manajerial/psikologi, uji kompetensi bidang meliputi penulisan makalah dan terakhir presentasi dan wawancara.”Ada enam orang yang lolos untuk tahap berikutnya berdasarkan hasil seleksi administrasi dan uji kepatutan,” kata Kabid Mutasi Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Lotim, Yulian Yugi Lusianto, Jumat (31/2).

Untuk uji kompetensi manajerial/psikologis dilaksanakan beberapa hari setelah seleksi administrasi yaitu pada Kamis (30/1) mulai pukul 07. 45 Wita sampai 20.00 Wita  bertempat di aula Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi NTB.  Dalam tahapan ini, masing-masing peserta diberikan batasan waktu oleh panitia.”Selesai uji kompetensi manajerial/ psikologis akan dilanjutkan dengan tahapan seleksi berikutnya yaitu uji kompetensi bidang” ungkapnya.

Sedangkan untuk uji kompetensi bidang, sebutnya, sesuai jadwal yang telah ditentukan, akan dilaksanakan pada  Sabtu (1/2) (hari ini-red). Dalam tahapan seleksi kompetensi bidang ini salah satunya yang akan diuji adalah makalah oleh masing-masing calon Sekda.” Untuk uji kompetensi bidang sendiri akan dilaksanakan di pendopo Bupati  pukul 09.00 Wita ‘’ lanjutnya.

Selanjutnya, sehari setelah seleksi uji kompetensi bidang, pada hari berikutnya Minggu (2/2) seleksi akan dilanjutkan dengan presentasi dan wawancara terhadap masing-masing peserta yang juga bertempat di pendopo bupati. Mereka akan diuji langsung oleh Pansel. Dimana masing-masing calon Sekda ini akan ditanya berbagai hal berkaitan dengan jabatan Sekda.

Diketahui, hasil penilaian dari Pansel ini akan diserahkan ke bupati. Bupati lah yang akan menentukan nama. Setelah semua tahapan seleksi  selesai, berdasarkan hasil penilaian dari enam orang calon Sekda tersebut,  ada tiga nama yang akan direkomendasikan oleh tim ke bupati. (lie)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid