Blanko E-KTP Masih Aman

PEREKAMAN : Aktivitas perekaman data untuk pembuatan E-KTP di kantor Dukcapil Mataram belum lama ini (Sudir/Radar Lombok)

MATARAM-Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Mataram  Ridwan menegaskan jumlah blanko KTP Elektronik (E-KTP) di Kota Mataram masih aman hingga beberapa bulan ke depan.” Jumlah blanko E-KTP hingga saat ini masih aman,” ungkapnya kepada  Radar Lombok, Sabtu (27/8). 

Apabila blanko habis, pihaknya akan mengajukan permintaan ke pemerintah pusat. Setiap kali pengajuan, Kota Mataram diberikan jatah sesuai dengan kebutuhan. “ Yang belum rekam E-KTP hanya tinggal beberapa ribu saja,” jelasnya.

Ia juga meminta masyarakat untuk segera melakukan perekaman sebelum tanggal 30 Sepetember. Warga juga diminta teliti dengan website yang menjelaskan soal E-KTP. Situs cek KTP elektronik yang saat ini sedang marak bukanlah situs resmi pemerintah. “ Kemendagri tidak pernah membuat situs tersebut. Saat ini kami bersama Kominfo sedang menyelidiki hal tersebut,” ungkapnya.

Beberapa hari terakhir beredar di sosial media dan pesan elektronik adanya situs yang berisi cara mengecek data kependudukan dengan hanya memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK).” Data tersebut bukan bersumber dari Dukcapil. Kami tidak pernah membuka data penduduk agar dapat diakses oleh publik, karena hal tersebut rawan penyalahgunaan,” tegasnya.

Kemendagri telah menjamin bahwa situs-situs yang mengklaim bisa cek data kependudukan itu bukanlah situs resmi pemerintah. “Kalau pemerintah yang buat memakai .go.id bukan .com. Kemendagri menghimbau kepada masyarakat agar tidak menggunakan situs tersebut untuk mengecek data, apalagi memasukkan data. Jika ingin mengecek data, silahkan datang langsung ke dinas,” terangnya.

Sementara itu blanko akta kelahiran dan Kartu Keluarga (KK) juga masih aman. “Blanko KK dan akta kelahiran masih aman sepanjang tahun 2016. Kami juga meminta kepada masyarakat untuk mengurus kelengkapan administrasi kependudukan mereka,” pungkasnya.

Beberapa hari terakhir aktivitas rekam E-KTP meningkat di kantor Dukcapil Kota Mataram. Masyarakat berbondong-bondong datang untuk melakukan perekaman. Warga dihimbau melalui kepala lingkungan dan masjid.(dir)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid