Banjir Bandang Terjang Dua Desa di Lotim

BANJIR : Hujan deras mengakibatkan sejumlah wilayah di Desa Seruni Mumbul dan Labuhan Lombok diterjang banjir bandang.(Jalal/radarlombok.co.id)

SELONG— Hujan deras yang turun sejak pagi di sebagian wilayah Lombok Timur mengakibatkan banjir bandang yang menerjang dua desa yakni desa Labuhan Lombok dan Seruni Mumbul Kecamatan Pringgabaya Senin (14/12/2020).
Banjir bandang yang terjadi sekitar pukul 14.00 Wita mengakibatkan tanggul kali di dua desa ini jebol akibat tidak mampu menampung debit air. Akibatnya sekitar 700 kepala keluarga (KK) di Dasan Baru dan Kampung Turingan di Desa Labuhan Lombok dan empat dusun di Desa Seruni Mumbul terendam banjir mencapai satu meter hingga 1,2 meter.

Selain menggenangi pemukiman warga juga jalan raya setempat. Akibatnya arus kendaraan baik dari Labuhan Lombok menuju Sambelia atau sebaliknya jadi terhambat. Tidak ada korban jiwa. Namun banjir mengakibatkan satu rumah roboh. ” Banjirnya sudah surut. Tidak sampai ada korban jiwa,” kata M Jufri warga Seruni Mumbul.
Menurutnya, banjir disebabkan karena hujan deras yang mengguyur wilayah Seruni Mumbul dan sekitarnya. Lalu banyak material seperti kayu yang menyumbat aliran air di jembatan antara Labuhan Lombok dan Seruni Mumbul.

Penyebab lainnya karena kemampuan tanah menyerap air hujan yang berkurang akibat sudah tidak adanya pohon-pohon besar di sekitar pegunungan. Diperparah lagi maraknya tambang galian C di daerah hulu. (lal/rl)