Balitbang Susun Roadmap ‘Sida’

SIDA : Anggota tim dari LIPI saat menyampaikan dampak postif pembentukan Sistem Inovasi Daerah (Sida) dengan menggali potensi daerah (Sudir/Radar Lombok)

MATARAM– Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbang) Kota Mataram mulai melakukan penyusunan roadmap Sistem Inovasi daerah (Sida).

Kepala Balitbang Kota Mataram, Miftahurrahman mengharapkan Sida memotivasi masyarakat dan lembaga-lembaga yang ada untuk berinovasi dan turut aktif dalam pembangunan di daerah sehingga mampu meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat itu sendiri. Demikian disampaikannya kepada Radar Lombok kemarin (6/4).

[postingan number=3 tag=”mataram”]

Peta rencana (roadmap) Sida yang diintegrasikan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Mataram menurutnya, sudah ada Peraturan Bersama Menristek nomor 3 tahun 2012 dan Kemendagri nomor 36 tahun 2012 yang menjadi landasan penguatan Sida.

Kota Mataram memiliki banyak potensi baik di bidang ekonomi, budidaya dan hasil inovasi. Pihaknya juga terus intens membangun koordinasi dengan SKPD terkait untuk terus menciptakan inovasi.

Penyusunan roadmap Sida juga melibatkan empat tim dari LIPI, akademisi, budayawan, serta perwakilan dari SKPD. “Kita menggali potensi masalah dan inovasi terkait dengan 10 isu strategis yang ada di RPJMD, sebagai bahan masukan dalam penyusunan roadmap ini,”  jelasnya.

Sementara itu salah satu pembicara dalam penyusunan roadmap Sida, Syafrudin, menyambut baik adanya roadmap Sida. Hal ini untuk membangun presfektif Kota Mataram tentang inovasi daerah. Seperti beberapa sektor yakni sektor UKM, keuangan, jasa, konstruksi, yang harus dilakukan melalui pendekatan inovasi.” Kita saling bersinergi, serta peran serta dari SKPD terkait juga harus dikedepankan dalam mendukung langkah Balitbang. Sebagai langkah penguatan inovasi daerah,”katanya. (dir)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid