Balap Sampan Diharapkan Jadi Event Wisata Tahunan

LEPAS : Anggota DPD RI H. Achmad Sukisman Azmy saat melepas peserta balap sampan di Desa Pemongkong Kecamatan Jerowaru, Sabtu (8/1). (Ist for Radar Lombok)

SELONG – Pemerintah Desa Pemongkong Kecamatan Jerowaru menggelar lomba sampan  yang diikuti oleh puluhan peserta dari berbagai desa yang ada di wilayah selatan Lotim, Sabtu (8/1). Kegiatan ini berlangsung sukses dan disambut antusias oleh masyarakat setempat.

Wakil Bupati Lombok Timur, H. Rumaksi, melepas peserta lomba. Hadir juga anggota DPD RI Dapil NTB, HM. Sukisman Azmy, perwakilan Dinas Pariwisata dan pemerintah desa setempat. Pelaksanaan kegiatan ini sebagai salah satu upaya pemerintah desa untuk melestarikan budaya masyarakat setelah yang telah diwariskan secara turun-temurun. Bahkan  kegiatan ini diharapkan bisa menjadi event tahunan pariwisata.” Kita berterima kasih ke berbagai pihak terkait yang telah memberikan dukungan untuk kesuksesan kegiatan ini. Terutama ke Pak Wakil Bupati yang telah hadir langsung termasuk juga anggota DPD RI kita Pak H. Achmad Sukisman Azmy yang juga telah ikut memberikan bantuan dukungan,” kata kepala Desa Pemongkong, Samsul Bahri.

BACA JUGA :  Kecamatan Selong Juara Umum MTQ

Ia senang acara ini disambut antusias oleh masyarakat. Namun  sejak pandemi Covid-19, kegiatan ini tidak dilaksanakan dua kali. Kini setelah pandemi Covid-19 mulai melandai, lomba kembali digelar di tahun ini.”Pelaksanaan kegiatan tetap mengendepankan Prokes. Selama dua hari kegiatan ini masyarakat membludak dan begitu antusias untuk melihat langsung lomba ini,” lanjutnya.

Selain untuk melestarikan budaya, kegiatan ini juga merupakan ajang silaturahmi masyarakat  antar desa di Kecamatan Jerowaru. Bahkan  bila perlu katanya, balap sampan ini jangan sampai kalah dengan MotoGP.  Karenanya dibutuhkan dukungan dari berbagai pihak sehingga balap sampan semakin terus eksis dan bisa dijadikan sebagai event tahunan oleh Dinas Pariwisata.”Kalau dianggap menarik dan mendapatkan respon positif  kita siap menjadikanya sebagai event tahunan. Bahkan bila perlu kita gelar tiap minggu. Karena balap sampan ini tidak ada di tempat lain di wilayah selatan,” ungkapnya.

BACA JUGA :  Dipecat, Sekdes Tembang Putik Melawan

Selain itu balap sampan ini juga telah mampu menghidupkan perekonomian warga.

Sementara itu anggota DPD RI, H. Achmad  Sukisman Azmy,  berharap lomba sampan ini bisa dijadikan sebagai event tahunan. Kegiatan seperti ini terangnya, bisa dijadikan ajang untuk mencari atlet unggul cabang olahraga dayung  yang nantinya bisa mewakili Lotim dan NTB untuk mengikuti lomba serupa di level yang lebih tinggi.” Terlebih lagi kegiatan ini juga mendapatkan antusiasme yang begitu tinggi dari masyarakat baik itu dari kalangan anak, remaja sampai orang tua. Apalagi lokasinya juga sangat dekat dengan Sirkuit Mandalika yang merupakan pusat olahraga Internasional,” tutup Sukisman.(lie)