Apresiasi NTB Expo 2021, Menkop Teten Masduki Dorong UMKM Inovasi Tingkatkan Kualitas Produk

NTB EXPO: Tampak suasana ketika berlangsung Pameran UMKM NTB Expo 2021 di kawasan parkir Sirkuit Mandalika. (ist for radarlombok)

PRAYA–Pekan penyelenggaraan pameran usaha kecil, mikro dan Menengah (UMKM) NTB Expo 2021, yang digelar di kawasan Parkir Sirkuit Mandalika telah dimulai pada 19 November 2021.

Even yang pelaksanaannya bersamaan dengan pelaksanaan World Superbike (WSBK) Mandalika ini mendapat apresiasi dari Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, yang hadir memantau pameran yang bertujuan menggeliatkan ekonomi masyarakati pascapandemi Covid-19 ini.

Dalam kesempatan itu, Teten Masduki menyampaikan apresiasinya kepada penyelenggara dan seluruh pihak yang turut membantu penyelenggaraan acara tersebut.

Teten berharap NTB Expo 2021 tidak hanya mampu menggerakan roda dan perputaran ekonomi masyarakat, namun juga harus menjadi pemicu bagi kebangkitan sektor pariwisata, yang sempat lesu akibat pandemi.

“Kita harus tampilkan produk UMKM yang betul-betul berkualitas, jadi bukan hanya menjadi ruang promosi partisipasi UMKM tapi kita harus seleksi karena yang mau kita kedepankan adalah yang memiliki keunggulan dan daya saing produk,” ucap Teten di arena NTB Expo 2021, Parkir Sirkuit Mandalika, Minggu (21/11/2021)

Dalam kunjungannya, Menkop Teten memuji berbagai inovasi transaksi para pelaku UMKM dan panitia penyelenggara, salah satunya dengan menerapkan pembayaran nontunai (cashless payment) dalam kegiatan transksi dengan para pengunjung NTB Expo.

BACA JUGA :  Kemenkominfo Dorong UMKM NTB Lebih Aktif di Kancah Nasional

Untuk Pembayaran nontunai di even NTB Expo 2021 ini, dukungan diberikan salah satunya dari Bank Rakyat Indonesia (BRI) yang selama ini menjadi mitra UMKM dalam banyak program pemberdayaan ekonomi.

Terkait pengembangan ekonomi digital di kalangan UMKM ini, Menkop Teten mengatakan salah satu yang tengah digencarkan adalah penggunaan transaksi nontunai,. Program ini merupakan bagian dari pilar strategi pengembangan UMKM nasional.

“Digitalisasi adalah salah satu cara bagi pelaku UMKM untuk naik kelas. Transaksi nontunai akan sangat memudahkan pelaku UMKM bertransaksi secara luas,” ucap Teten.

Teten pun berharap para pelaku UMK kedepannya untuk inovatif dan selalu terbuka dengan perkembangan teknologi agar lebih maju dan mampu terus meningkatkan kualitas produknya, sehingga mampun menembus kancah global.

Sementara itu, Wakil Gubernur NTB Sitti Rohmi Djalilah, yang ikut mendampingi Menteri Teten dalam kunjungannya, juga memberikan bantuan sosial kepada masyarakat, namun dengan cara membeli produk-produk UMKM, yang selanjutnya dibagikan kepada masyarakat kurang mampu.

Sementara itu, BRI yang menjadi salah satu pendukung NTB Expo 2021, bersama Provinsi NTB dan PT Solindo Duta Convex, turut memberikan program-program menarik seperti pemberian gift cantik bagi UMKM yang mendukung cashless payment, diskon potongan harga bagi pengguna kartu BRI serta reward untuk UMKM dengan nilai penjualan tertinggi.

BACA JUGA :  Active Selling Kominfo 2021-NTB: Pelatihan System Hibrid Lebih Mengena

Hal ini sebagai dukungan dari BRI agar roda perekonomian UMKM di Lombok dapat terus berjalan dengan cepat.

Dengan adanya support penuh dari BRI, diharapkan nasabah BRI dan juga mitra BRI dapat terus terlayani dan mendapatkan banyak keuntungan mulai dari mudahnya bertransaksi hingga banyaknya promo yang ada.

BRI akan terus berkomitmen dalam meningkatkan pelayanannya, sehingga inklusi keuangan di Indonesia dapat terus meningkat dengan menggunakan sarana transaksi praktis, aman dan efektif bagi para pedagang ataupun customer.

Selain menggencarkan transaksi nontunai, NTB Expo 2021 tetap digelar dengan mengedepankan protokol kesehatan. Bertempat di Arena Parkir Utama Sirkuit Mandalika, NTB Expo menghadirkan rangkaian kegiatan menarik di antaranya pameran produk unggulan NTB, perdagangan dan industri kreatif, penampilan kesenian budaya daerah, aneka hiburan, serta festival kopi dan kuliner Lombok. (gt)