Alokasi Anggaran Pilkada NTB 2024 Disusun

illustrasi

MATARAM–Setelah tuntas menyusun kebutuhan anggaran untuk Pemilu 2024, kini KPU NTB mulai menyusun kebutuhan anggaran untuk Pilkada NTB yang pemungutan suaranya digelar 27 November 2024.

Anggota KPU NTB Agus Hilman mengaku, pihaknya sudah berkoordinasi dengan KPU kabupaten/kota untuk merancang alokasi anggaran. Tahun ini, ditargetkan tuntas agar bisa diajukan untuk APBD 2023. “Anggaran Pilkada 2024 dialokasikan bertahap di APBD,” jelas Anggota KPU NTB Agus Hilman kepada Radar Lombok, Selasa (10/5).

BACA JUGA :  Narsudin Yakin Kembali Pimpin PPP KLU

Soal berapa taksiran kebutuhan anggaran Pilkada NTB, belum ditahu. Masih koordinasi internal untuk menyusun kebutuhan. Yang jelas, pemda memiliki kewajiban mengalokasikan anggaran Pilkada 2024 sesuai ketentuan undang-undang. Sedangkan pemerintah pusat bertanggung jawab untuk alokasi anggaran Pemilu yang pemungutan suaranya 14 Februari 2024.

BACA JUGA :  Pileg 2019, NTB jadi Dua Dapil

Dan dalam konteks Pemilu itu, KPU NTB sudah sudah mengajukan alokasi anggaran ke KPU RI. Dalam waktu dekat ini, pihaknya akan diundang oleh KPU RI untuk merasionalisasikan usulan, sebelum akhirnya dibahas lebih lanjut antara KPU RI, Pemerintah dan DPR RI. (yan)