Ahyar Berharap, Mohan Enggan

MESRA: Kalau sebelumnya diisukan hubungan kedua pemimpin Kota Mataram ini renggang, namun saat ini Wali Kota Mataram, H Ahyar Abduh dan Wakil Wali Kota Mataram, H Mohan Roliskana, tampak kembali tampil mesra dihadapan publik.( ALI/RADAR LOMBOK)
MESRA: Kalau sebelumnya diisukan hubungan kedua pemimpin Kota Mataram ini renggang, namun saat ini Wali Kota Mataram, H Ahyar Abduh dan Wakil Wali Kota Mataram, H Mohan Roliskana, tampak kembali tampil mesra dihadapan publik.( ALI/RADAR LOMBOK)
Advertisement

MATARAM—Wali Kota Mataram, H Ahyar Abduh masih berharap putranya, H Badruttamam Ahda, berpasangan dengan Wakil Wali Kota Mataram, H Mohan Roliskana, pada Pilkada Kota Mataram, Desember mendatang.

Meskipun putranya saat ini terus disosialiasikan akan berpasangan dengan mantan Sekda Kota Mataram 12 tahun, H Makmur Said. Namun Ahyar sendiri menyebut kalau Ahda diinginkan bisa berpasangan dengan H Mohan Roliskana. “Iya bisa jadi seperti itu. Ini kan tergantung kedua belah pihak. Semua saya lihat masih punya peluang sebelum keluar SK,” ujarnya di Mataram, kemarin (17/6).

Tentang proyeksi kesepakatan yang bisa terjalin di menit-menit terakhir (injury time), bahwa Mohan-Ahda akan berpasangan. Sambil tersenyum, Wali Kota dua periode ini mengatakan, boleh saja kalangan luas membuat prediksi dan skenario.

“Ini yang saya maksudkan dinamika tadi. Saya berharap yang terbaiklah untuk Kota Mataram, agar bisa melanjutkan program pembangunan yang saya lihat dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan,” katanya.

Namun ia tidak setuju dengan salah satu anggapan, yaitu jika H Mohan Roliskana berpasangan dengan Ahda. Maka Pilkada Kota Mataram dianggap sudah selesai. Keduanya dianggap sangat kuat jika berpasangan. Karena Ahda walaupun sebagai pendatang baru, tentunya  akan didukung penuh H Ahyar Abduh yang masih punya pengaruh dan mendulang suara.

Belum lagi dengan kekuatan H Mohan Roliskana yang digadang-gadang sebagai calon Wali Kota terkuat. “Tidak boleh bicara seperti itu. Masyarakat kita juga kan sudah cerdas. Saya kira tidak boleh mengklaim hal seperti itu. Jadi saya kira semua punya peluang maju sebagai calon. Semuanya bisa merebut hati masyarakat. Siapa nanti yang masyarakat percayakan, itu kan harus melihat figur dan program untuk bisa membawa Mataram lebih baik lagi,’’ terangnya.

Paket H Mohan Roliskana dan H Baduttamam Ahda pekan ini kembali mencuat. Tanda-tanda atau signal itu muncul, setelah melihat H Ahyar Abduh dan H Mohan Roliskana kerap muncul bersama di depan publik belakangan ini.

Sebelumnya hubungan keduanya seperti renggang beberapa bulan terakhir. Namun kini, duet pemimpin Kota Mataram itu kembali terlihat mesra seperti 10 tahun lalu. Keduanya juga tidak sungkan tampil mesra di depan publik.

Bahkan Ahyar-Mohan juga terlihat berbicara serius saat bertemu. Namun Ahyar kembali hanya tersenyum, dan memberikan jawaban diplomatis layaknya politisi berpengalaman. “Tetap saja mesra. Cuma kan ada dinamika-dinamika yang membuat seperti itu. Jadi tetap kita bersama apapun yang terjadi,’’ terangnya.

Ditegaskannya, sangat wajar jika dirinya dan H Mohan Roliskana tampil bersama dan berdampingan. Lagi-lagi Ahyar kembali berdiplomasi. Dia mengatakan kalau tidak ada pembicaraan serius antar keduanya. “Masa sekedar ngomong saja diartikan banyak. Ini rupaya di-blow up terus. Biasa itu kan ketemu dan berbicara,” ulasnya.

Terpisah, Wakil Wali Kota Mataram, H Mohan Roliskana mengatakan, kalau dirinya biasa bertemu dengan Wali Kota Mataram, H Ahyar Abduh. Menurutnya tidak ada pembicaraan spesifik menyangkut Pilkada antar keduanya. “Tidak ada, hanya bertemu biasa. Kan kemarin itu setelah rapat saya dipanggil, terus kita bertemu,” katanya.

Ditanyakan tentang kabar atau aspirasi agar dirinya berpasangan dengan Ahda, yang kembali mencuat belakangan ini. Mohan mengatakan masih tetap berkomitmen berpasangan dengan TGH Mujiburrahman. “Saya masih tetap dengan komitmen saya,” tandasnya.

Meski demikian, ia tidak bisa memungkiri. Bahwa politik itu masih cair, dan tidak bisa dijadikan patokan. “Iya politik kerap cair. Kita tidak bisa menafikkan itu,” ungkapnya. (gal)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid