Kampus Luar Daerah Masih Jadi Prioritas

Ilustrasi Kampus Luar Daerah

PRAYA—Kepala SMAN 1 Praya Lombok Tengah (Loteng), Drs HL Juanda mengaku, tahun ini siswa yang tamat lebih banyak memilih perguruan tinggi (PT) atau kampus luar daerah sebagai tujuan melanjutkan studi. Pilihan ini dinilai lebih diprioritaskan para siswa ketimbang yang ada di daerah sendiri.

“Yang lulus lewat jalur undangan di sekolah kami hanya 29 orang,” katanya, Sabtu (3/6).

Jumlah kelulusan di PT ini disebutnya lebih sedikit dibanding dengan SMAN 2 Praya. Lulusan yang diterima dari SMAN 2  Praya disebutnya sebanyak 37 orang.

Baca Juga :  Lebih Dekat Dengan Mulia Irfani, Siswi Sman 1 Selong Wakil NTB Lomba Debat Bahasa Indonesia

Kenapa bisa? Menjawab pertanyaan itu, Juanda mengatakan, siswa SMAN 2 Praya semuanya rata-rata lulus mengambil jalur undangan di Universitas Mataram (Unram). Berbeda dengan siswanya yangjustru tidak memilih Unram sebagai kampus tujuan.

Lulusan SMAN 1 Praya, jelasnya, lebih banyak memilih kampus tujuan seperti Universitas Indonesia (UI), Universitas Gajah Mada (UGM), Universitas Brawijaya Malang dan beberapa kampus terkemuka lainnya di Indonesia. Dari 29 lulusan yang diterima di perguruan tinggi luar itu lebih banyak diterima di UGM.

Baca Juga :  Sekolah Dilarang Bisnis Pakaian Seragam Siswa Baru

“Tapi yang diterima di Unram juga ada yang diterima,” jelasnya.

Secara pribadi, jelasnya, banyaknya siswa yang mengambil kampus terkemua ini bisa mengangkat prestise sekolah itu. Namun urusan kompetensi siswa disebutnya lebih pada tekad dan semangat siswa mengembangkan diri. “Dimana pun kita kuliah asal kita punya tekad dan mau mengembangkan diri, pasti sukses,” tegasnya. (cr-ap)

Komentar Anda