Tips Cara Aman Mendirikan Motor yang Jatug

HONDA MOTOR
MOTOR JATUH : Cara mengangkat sepeda motor Anda yang jatuh, sehingga tidak menjadi bencana.

MATARAM – Siapa diantara kalian yang pernah mengalami saat parkir motor, tiba-tiba tak sengaja malah menjatuhkan motor sendiri. Itu bisa saja akibat salah posisi memarkirkan kendaraan, atau mungkin saja pijakan pada standart motor Anda tidak kokoh. Atau saat berhenti di lampu merah, karena tidak siap dengan kondisi rem mendadak, jadi motor Anda malah justru jadi oleng dan mengakibatkan Anda dan kendaraan jatuh ke atas aspal. Nah agar dapat mengkondisikan hal ini, tim Safety Riding Astra Motor NTB akan berbagi tips untuk cara aman mendirikan motor yang jatuh.

Instruktur Safety Riding Astra Motor NTB Satria Wiman Jaya mengatakan, agar tetap aman bila akan mendirikan sepeda motor yang terjatuh, harap memperhatikan beberapa kondisi agar tindakan saat Anda mendirikan motor yang jatuh tetap aman sesuai dengan kaidah keselamatan berkendara.

Baca Juga :  Pastikan Motor Hondamu Aman dan Nyaman untuk Mudik

“Pastikan sepeda motor Anda dalam keadaan mati, ya agar tidak ada kemungkinan menarik gas dan membuat motor berjalan,” kata Satria.

Tahapan lainnya yang perlu dilakukan, yaitu putar setang motor ke arah terjatuh, dan cobalah luruskan. Jika motor jatuh ke sisi kanan, Anda disarankan untuk membuka stang ke samping guna menopang motor saat berdiri. Posisikan badan Anda setengah jongkok dengan tumpuan kaki terkuat di bagian depan. Belakangi motor dengan memposisikan bokong pada bagian tengah jok, buatlah senyaman mungkin agar tidak mengakibatkan cedera pada punggung.

Dengan posisi setengah jongkok, Anda harus memastikan titik pegangan pada motor. Satu tangan memegang ujung setang (handle kanan atau kiri), gunakan tangan satunya untuk memegang bagian rangka, sasis, atau bodi sepeda motor pada bagian yang paling rendah, Anda juga dapat memegang pijakan kaki penumpang (foot step) untuk menahan bobot motor.

Baca Juga :  Honda NTB Edukasi Keselamatan Berkendara Siswa SMAN 1 Narmada

Langkah selanjutnya adalah posisikan kaki dalam jarak dekat. Posisi dagu harus lurus ke depan bukan ke bawah. Tujuannya, untuk memberi kekuatan dan menghindar cedera punggung. Lalu dorong dengan kaki dan bokong sampai motor berdiri. Dorong motor secara perlahan sambil melihat apakah posisi motor sudah tepat saat berdiri. Jika motor sudah tegak, turunkan standar samping.

“Ingat ya kemanapun Anda pergi, selalu pakai riding gear yang lengkap, agar selalu #Cari_aman dimanapun dan kapanpun,” tutup Satria. (luk)

 

Komentar Anda