46 Siswa SD/SMP Ikuti FLS2N NTB

MATARAM–Sebanyak 46 siswa Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama (SD/SMP) dari 10 kabuapten/kota mengikuti seleksi Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) NTB. Perhelatan FLS2N berlangsung dari tanggal 8-10 Agustus.

Seremoni kegiatan ini dibuka Kepala Bidang Pendidikan dasar (Dikdas) Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Dikpora NTB, Lalu Yahya, Senin sore (8/8) di Asrama Haji Mataram. Terdapat sebanyak 9 cabang seni untuk siswa SD dan 16 cabang lomba seni untuk siswa SMP di perhelatan tersebut. Dari belasan cabang mata lomba, salah satu diantaranya adalah seni baca Alquran baik untuk siswa SD maupun SMP.

“Kesenian sebagai salah satu unsur kebudayaan merupakan pendorong pertumbuhan dan pengembangan berbagai bidang kehidupan,” katanya saat pembukaan.

Menurutnya, seni adalah satu indikator peradaban manusia. Jika mampu melaksanakan seni dengan baik, maka perdaban akan terus maju. Kesenian dengan segala bentuk dan ragamnya merupakan wahana bagi manusia untuk mengekspresikan diri sesuai dengan tuntutan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Katanya, dengan menyemarakan kegiatan berkesenian dalam dunia pendidikan , peserta didik akan mampu mengasah kepekaan hati dan nuraninya. Pada gilirannya dapat memperhalus budi pekerti dan tingkah laku peserta didik.

Karena itu, peserta didik sebagai generasi penerus bangsa harus memiliki bekal pendidikan kognitif , afektif dan motorik yang selaras dan seimbang. Dalam upaya pemberian ruang ruang bagi kreativitas dan potensi siswa di bidang seni. Ini mengingat Kemendikbud secara intens setiap tahunnya menyelenggarakan aktivitas kesenian untuk mewadai ekspresi dan kreativitas peserta didik.

“Melalui FLS2N diharapkan dapat membangkitkan potensi dan talenta peserta didik dibidang seni,” ujarnya.

Peserta FLS2N untuk jenjang SD sebanyak 14 orang mengikuti 9 cabang lomba dan jenjang SMP sebanyak 29 orang mengikuti 19 cabang lomba yang merupakan juara 1 di setiap kabupaten/kota. Selanjutnya juara I FLS2N tingkat provinsi untuk semua cabang olahraga akan mewakili Provinsi NTB di FLS2N tingkat nasional di Manado, Sulawesi Utara dari tanggal 28 Agustus sampai 3 September 2016. Khusus untuk lomba cita seni pelajar tingkat nasional diantaranya cabang lomba cipta puisi, seni  lukis, desain motif batik dan cipta lagu akan dilaksanakan di DKI Jakarta dari tangal 1–3 Oktober 2016. (luk)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid