43 Negara Ikuti Event Rinjani 100

RINJANI 100: Puluhan peserta lomba lari lintas gunung Rinjani 100 Ultra, dilepas secara resmi oleh Wakil Bupati Lombok Utara, Danny Karter Febrianto, di Senaru, Kecamatan Bayan, Sabtu (25/5). (IST/RADAR LOMBOK)

TANJUNG — Puluhan pelari dari 43 negara mengikuti event lomba lari Rinjani 100 Ultra tahun 2024. Kegiatan Rinjani 100 Ultra atau lari lintas alam di Gunung Rinjani ini digelar mulai dari tanggal 24-25 Mei 2024.

Pada event ini tersedia sejumlah kategori, dengan lokasi start di Senaru, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara (KLU), dan Belanting, Kecamatan Sambelia, Kabupaten Lombok Timur. Khusus yang lokasi start di Senaru, ada dua kategori yaitu 100 kilometer (Km) dan 60 Km.

Wakil Bupati Lombok Utara, Danny Karter Febrianto mengatakan bahwa  Rinjani 100 Ultra merupakan salah satu event trail running bergengsi di Indonesia, yang banyak menarik peserta dari berbagai negara. Menantang para pelari untuk menaklukkan medan berat di Gunung Rinjani, dimana tahun 2024 ini ada sebanyak 43 negara yang turut berpartisipasi pada event internasional ini.

Baca Juga :  Izin Proyek Global Hub KLU Berakhir

Dipilihnya Lombok Utara sebagai salah satu lokasi jelasnya, merupakan salah satu kebanggaan bagi masyarakat Lombok Utara. “Kedepannya event seperti ini dapat terus kita laksanakan setiap tahun,” katanya usai melepas peserta Rinjani 100 Ultra di Senaru, Sabtu (25/5).

Danny menjelaskan, bahwa Senaru sebagai salah satu pintu masuk ke Gunung Rinjani, memiliki beberapa tempat wisata seperti air terjun dan budaya yang bisa dinikmati oleh para wisatawan. “Adanya event seperti ini sangat bermanfaat sebagai media promosi pariwisata daerah, dan mampu menggerakkan ekonomi masyarakat,” ungkapnya.

Sementara Panitia Penyelenggara Rinjani 100 Ultra, Dian Rahmat Sukmara menerangkan bahwa setiap  tahun event Rinjani 100 dilaksanakan, namun untuk KLU sendiri baru bisa digelar tahun 2024, setelah sebelumnya terhenti akibat gempa dan Covid.

“Pada tahun 2024 event ini mengambil lokasi start di dua wilayah, yakni di Kabupaten Lotim, tepatnya di Sembalun dan pantai Belanting. Sedangkan di KLU di Desa Senaru,” katanya.

Baca Juga :  Dituding Terlibat Mafia Tanah, Warga Sekotong Tuntut Wakapolres Dicopot

Masih kata Dian, untuk kategori lomba, di Senaru mendapatkan dua kategori yakni 100 Km dan 60 Km. Sedangkan untuk kategori 162 Km, 27 Km dan 36 Km dilaksanakan di Kabupaten Lombok Timur. “Secara keseluruhan event Rinjani 100 diikuti oleh 43 negara, dengan kategori lomba yang paling banyak diikuti yakni di kategori 36 Km,” jelasnya.

Melalui kegiatan Rinjani 100 Ultra ini, pihaknya juga berharap pertumbuhan ekonomi di masing-masing daerah melalui sektor pariwisata dan ekonomi.

“Dikarenakan antusias para peserta Rinjani 100 yang begitu tinggi, baik dari peserta asal Indonesia maupun mancanegara, tentunya harapan event berjalan lancar, dan para peserta yang ikut dapat finish dan sehat,” harapnya. (der)

Komentar Anda