Webinar, Upaya Memelihara Atmosfir Akademik Tetap Terjaga

Universitas Hamzanwadi
Dr. H. Khirjan Nahdi, M.Hum

SELONG – Ditengah pandemi Covid-19, pemerintah mengimbau masyarakat, “diam di rumah lebih baik”. Efeknya, semua lapisan masyarakat agak sedikit kaku dengan pola hidup baru tersebut. Tak ketinggalan juga masyarakat kampus mengalami hal yang sama, ternyata ada hal baru lahir dibalik semua itu. Seperti Ide, kreatifitas, dan inovasi tak boleh berhenti, haruslah selalu berjalan, lebih-lebih dalam dunia kampus.

Direktur Kehumasan dan Kerja sama Universitas Hamzanwadi Dr Muhammad Halqi mengatakan, selama kampus meniadakan pembelajaran langsung di ruang kelas, ada banyak inspirasi yang muncul untuk inovasi pembelajaran bahkan sebuah karya baru muncul dari kelompok mahasiswa yang tidak mau ketinggalan berkarya.

“Ada e-LaDes lahir di di dalamnya, nantinya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat banyak untuk memastikan gerakan ekonomi tetap berjalan baik dimasa pandemi Covid-19,” kata Dr Halqi, Senin (18/5).

Selain itu, Universitas Hamzanwadi (UNHAM) juga memastikan kegiatan akademik tetap berjalan baik, melalui pembelajaran daring bagi mahasiswa dan kegiatan akademik lainnya, seperti melaksanakan seminar virtual yang yang biasa disebut Webinar.  Webinar ini telah dilaksanakan sebanyak lima sesi dan terus akan berlanjut selama pandemi Covid-19 ini masih ada. Narasumber berasal dari para dosen UNHAM maupun para ahli dari luar kampus dengan pilihan tema sesuai dengan keahlian masing-masing. Webinar ini dapat diikuti seluruh mahasiswa dan dosen dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia maupun masyarakat luas.

“Tujuan dilaksanakannya webinar oleh Universitas Hamzanwadi sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat dengan berbagi disiplin ilmu dari para ahli yang ada di Universitas Hamzanwadi,” terang Halqi.

Diterangkannya, selama pandemi Covid-19 dan suasana belajar di rumah, webinar telah dilaksanakan selama lima kali. Bagian pertama program ini fokus pada tema-tema yang berhubungan dengan bagaimana menjaga produktivitas para dosen dan mahasiswa di masa pandemi covid-19,” dengan tema pertama “Etnografhic attitude during Covid-19”, narasumber Dr H Khirjan Nahdi, M.Hum, selaku Wakil Rektor I sekaligus menandakan dimulainya Webinar berikutnya.

Kegiatan webinar dengan pokok bahasan Covid-19 ini, masing-masing narasumber memiliki perspektif yang berbeda sehingga sangat menarik untuk dibahas dalam konteks akademik di kampus maupun konteks kehidupan bermasyarakat.

“Semua narasumber yang disiapkan bisa jadi punya pandangan berbeda tentang covid-19 pada beberapa hal dengan ahli lain. Ini sebagai bukti bahwa perdebatan pada ruang-ruang akademik masih dimungkinkan selama mampu dibuktikan secara ilmiah,” ujarnya.

Disebutkan juga, kegiatan ini sebagai salah satu bentuk kontribusi Universitas Hamzanwadi kepada khalayak tentang bagaiamana melihat pandemi covid-19 dari berbagai perspektif. Kegiatan webinar ini rencananya akan dilakukan sepanjang tahun dengan berbagai topik yang berbeda-beda dan narasumber berbeda pula sebagai ajang berinteraksi dengan para pakar dibidangnya.

“Karena situasi seperti sekarang ini, kita mau tidak mau harus kreatif. Daripada tinggal diam di rumah saja, dengan adanya Webinar ini memberikan manfaat. Minimal manfaat silatiruhmi meski lewat dunia maya,” imbuhnya. (luk)

BACA JUGA :  Universitas Hamzanwadi Beri Keringanan Biaya untuk Mahasiswa Baru