Universitas Islam Al-Azhar Mataram Mewisuda 188 Lulusan

Civitas akademika Universitas Islam Al-Azhar (Unizar) Mataram menggelar acara wisuda sarjana strata satu (S1) yang ke-71 tahun akademik 2021/2022 di Hot Prime Park Mataram, Jumat (24/6/2022). (IST FOR RADAR LOMBOK)

MATARAM–Civitas akademika Universitas Islam Al-Azhar (Unizar) Mataram menggelar acara wisuda sarjana strata satu (S1) yang ke-71 tahun akademik 2021/2022.

Acara yang berlangsung pada Jumat (24/6/2022) di Prime Park Hotel ini berjalan dengan lancar dan khidmat. Acara digelar dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan.

Ini merupakan kali keempat diadakannya wisuda di luar kampus, mengingat kondisi pandemi yang masih melanda dunia, termasuk Indonesia, lebih dari 2 tahun belakangan ini.

Turut hadir dalam acara tersebut Ketua Yayasan Pesantren Luhur Al-Azhar Dr. Ir. H. Nanang Samodra, KA. M.Sc beserta istri; Rektor Universitas Islam Al-Azhar Dr. Ir. Muh Ansyar, M.P, Area Head Bank Mandiri Area Mataram M. Haris Budiman; Branch Manager Mandiri KC Mataram AA Gde Ngurah I Wayan Sudiarsha; segenap civitas akademika Universitas Islam Al-Azhar; wisudawan-wisudawati beserta dengan tamu undangan.

Wisudawan-wisudawati yang hadir dalam acara tersebut berjumlah 188 orang, yang berasal dari 6 (enam) Fakultas di Universitas Islam Al-Azhar.

Wisudawan yang berasal dari Fakultas Ekonomi (FE) berjumlah 22 orang, dari Fakultas Hukum (FH) berjumlah 56 orang, dari Fakultas Teknik (FT) 45 orang, dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) berjumlah 1 orang, dari Fakultas Pertanian (FP) 1 orang, dan yang terbanyak dari Fakultas Kedokteran (FK) berjumlah 63 orang.

Dari 188 wisudawan, 20 di antaranya lulus dengan predikat cumlaude.
Peraih IPK tertinggi dalam wisuda tersebut adalah Gusti Putu Satya Diva Pradana, S.Ked yang berasal dari Fakultas Kedokteran, dengan nilai 3,97. Yang menarik pula dari prosesi wisuda Unizar ke-71 ini, yaitu dilantiknya satu-satunya wisudawan dari Fakultas MIPA yang usianya sudah lebih dari 70 tahun, sekaligus sebagai wisudawan tertua. Beliau bernama Merdiu, S.Si yang berasal dari Sengkol-Lombok Tengah. Ini menandakan bahwa belajar tidak mengenal batasan waktu ataupun usia.

Dalam pidatonya, Rektor Universitas Islam Al-azhar, Dr. Ir. Muh Ansyar, M.P, mengapresiasi peran serta sejumlah pihak yang turut membantu mengembangkan pendidikan di lingkungan kampus.

Rektor Universitas Islam Al-azhar, Dr. Ir. Muh Ansyar, M.P, saat menyampaikan pidato pada acara wisuda Unizar ke-71 menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada para wisudawan, atas kesuksesan yang telah diraih.

“Dengan rasa syukur dan bahagia, kami menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh wisudawan atas kesuksesan yang telah diraih setelah menempuh pendidikan di kampus yang kita cintai dan banggakan ini. Saya percaya bahwa capaian akademik yang saudara raih tersebut merupakan hasil dari jerih payah, ketekunan, dan keuletan saudara, disertai dukungan moral dan doa dari orang tua, keluarga, dan kerabat. Ucapan selamat juga kami sampaikan kepada orang tua/wali wisudawan atas keberhasilannya mengantarkan putra-putrinya mencapai keberhasilan dalam menempuh pendidikan tinggi di Universitas Islam Al-Azhar,” ucapnya.

Lebih lanjut Rektor menjelaskan sejumlah capaian yang diperoleh civitas akademika Unizar sepanjang tahun 2022.
“Pada kesempatan ini, kami sampaikan pula beberapa prestasi yang telah diraih oleh mahasiswa Universitas Islam Al-Azhar sepanjang tahun 2022, bulan Januari hingga bulan Juni ini. Diantaranya adalah Juara Satu Lomba Lari 100 Meter Puteri Tingkat Provinsi NTB dari Fakultas Ekonomi, Juara II Murottal Al-Qur’an Tingkat Provinsi NTB dari Fakultas Teknik, Juara II Futsal Cup Tingkat Provinsi NTB dari tim Fakultas Kedokteran. Pada bulan Januari 2022, salah satu mahasiswa dari Fakultas Kedokteran mengikuti pertukaran pelajar singkat di Turki. Beberapa waktu lalu pun sebanyak 7 (tujuh) orang mahasiswa Unizar ikut serta dalam Latihan Integritas Taruna Wreda (Latsitarda) Nusantara XLII yang dilaksanakan pada beberapa kabupaten di NTB.” terangnya.

Ketua Yayasan Pesantren Luhur Al-Azhar, Dr. Ir. H. Nanang Samodra, KA. M.Sc, menyampaikan beberapan pesan kepada setiap Fakultas yang berada di lingkungan Universitas Islam Al-Azhar.

“Saya mengapresiasi para civitas akademika di Fakultas Kedokteran Unizar yang dipercaya oleh Asosiasi Fakultas Kedokteran Swasta Indonesia menjadi tuan rumah Musyawarah Nasional pada bulan Juli mendatang. Begitu juga Fakultas Pertanian, saya mendapat info dari Rektor, bahwa ada hibah dari Bank Mandiri untuk membeli alat-alat yang berkaitan dengan kultur jaringan. Tolong dimanfaatkan sebaik-baiknya. Kemudian di Fakultas Hukum, proses untuk pengajuan pendirian Program Magister (S2) Ilmu Hukum sudah ditandatangani rekomendasinya oleh Kepala LLDIKTI wilayah VIII, tinggal saya tagih kapan turunnya. Unizar juga sudah mendapat SK Prodi Ilmu Komputer dan sedang dalam proses pengajuan program studi Agama Islam. Saat ini, kita pun sedang menyekolahkan empat orang untuk mengambil studi S3 dari Fakultas Teknik di Universitas Sultan Agung Semarang agar kredibilitas Unizar semakin baik di mata masyarakat,” terangnya.

Mengakhiri pidato, Ketua Yayasan mengungkapkan rasa bangganya akan capaian demi capaian mahasiswa Unizar yang tentu kini membuat mereka bangga berkuliah di Unizar.
Momen upacara wisuda ini pun diwarnai dengan beberapa rangkaian acara menarik dan inspiratif. Ditampilkan pula pada acara tersebut yakni Tari Rudat Peser yang dipimpin oleh Bapak Taufikurrahman. Tari ini merupakan tari penyambutan para petinggi Negara yang berkunjung ke Pulau Lombok. Para penampil Tari Rudat Peser ini berasal dari Kelurahan Punia dan pernah menjadi juara umum dalam Festival Seni Budaya Rudat se-NTB.

Acara yang tidak kalah pentingnya yakni penyerahan dana CSR (Corporate Social Responsibility). Bank Mandiri, melalui Bapak M. Haris Budiman, Area Head Bank Mandiri Area Mataram, menyerahkan dana CSR yang diberikan kepada Ketua Yayasan Pesantren Luhur Al-Azhar, Dr. Ir. H. Nanang Samodra, KA. M.Sc, untuk Laboratorium Kultur Jaringan Fakultas Pertanian Unizar. Penyerahan sertifikat dan merchandise kepada wisudawan/wisudawati terbaik dilakukan oleh Branch Manager Mandiri KC Mataram AA Gde Ngurah, I Wayan Sudiarsha.

Ketua Yayasan Pesantren Luhur Al-Azhar beserta istri berfoto bersama pihak Bank Mandiri Mataram dan wisudawan terbaik
Dengan berakhirnya rangkaian prosesi wisuda ke-71 ini, segenap civitas akademika Unizar berharap untuk terus maju dan bersinergi dalam mencetak lulusan yang cerdas dan bermartabat demi mencapai misi Unizar yang berdaya saing di tingkat regional maupun nasional. (adi)