Taman Loang Baloq akan Punya Kebun Binatang Mini

MINI ZOO: Pembiayaan kebun binatang mini (Mini Zoo) di Loang Baloq diusulkan ke kementerian awal tahun depan.( ALI/RADAR LOMBOK )

MATARAM—Sarana dan wahana penunjang di Taman Hiburan Rakyat Loang Baloq berupaya dilengkapi. Tiga item yang dipersiapkan adalah untuk pembuatan air mancur di kolam Loang Baloq. Lalu perluasan arena skateboard park. Kemudian yang terakhir adalah pembuatan kebun binatang mini (Mini Zoo) di Loang Baloq.
Kelengakapan sarana Loang Baloq ini akan dibiayai oleh Kementerian Pariwisata. Namun usulan pembiayaannya akan diserahkan ke kementerian awal tahun depan. “Iya surat usulannya kemungkinan kita serahkan seperti itu awal tahun depan,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Kota Mataram, H Nizar Denny Cahyadi di Mataram.


Perencanaan usulan saat ini terus dimatangkan. Salah satu kendala penyusunan adalah soal ketersediaan anggaran. Karena belum dianggarkan di APBD murni. Kebutuhan anggaran perencanaan disiapkan di APBD Perubahan. “Semoga diperubahan ini ada anggarannya. Jadi kita coba usulkan di perubahan untuk menganggarkan perencanaan tiga usulan di Kementerian Pariwisata untuk Loang Baloq,” katanya.
Hasil koreksi sementara yang dilakukan Dinas Pariwisata. Ketiga item kelengkapan sarana Taman Hiburan Rakyat Loang Baloq itu dengan estimasi pembiayaan sekitar Rp 3 miliar. “Tidak terlalu besar itu sekitar Rp 3 miliar untuk pembiayaannya,” ungkapnya.
Denni mengatakan, ketiga item itu akan melengkapi sarana di Loang Baloq. Seperti skateboard park dimodernisasi dengan sarana yang ada saat ini. “Kita kan sudah punya di sana. Tapi memang fasilitasnya masih terbatas walaupun yang kita buat itu sudah berstandar internasional. Sekarang kita minta penambahan untuk arena skateboard,” terangnya.

Baca Juga :  Reklame Berbau Pornografi Tuai Protes


Kemudian lokasi Mini Zoo dipersiapkan di dekat taman bermain anak. Pengisiannya nanti adalah hewan-hewan yang tergolong jinak. Seperti burung dan unggas lainnya. “Saya juga minta ke Pokdarwis setempat untuk menyiapkan bebek angsa yang bisa kita taruh di kolam,” jelasnya.
Fungsi Mini Zoo juga nantinya bisa dimaksimalkan. Terutama edukasi anak-anak untuk mengenal binatang. “Itu kita coba edukasi di sana. Makanya saya tempatkan lokasi Mini Zoo di sebelah taman bermain anak. Jadi kan include dia nanti. Kalau luasannya itu cukup. Kan kebun binatang mini konsepnya,” katanya.


Sementara di kolam Loang Baloq. Akan disiapkan untuk pemasangan air mancur menari. Air mancur menari ini tentunya bisa menambah keindahan dan kelengkapan sarana di Taman Loang Baloq. Pengunjungnya pun dipastikan bertambah dengan sarana yang lengkap. “Di tengah kolam itu nanti air mancur menari,” jelasnya.
Kota Mataram optimis usulan pembiayaan ini diwujudkan oleh Kementerian Pariwisata. Karena jawaban dan persetujuan secara lisan dari Menteri Pariwisata, Sandiaga Salahudin Uno sudah dikantongi saat datang ke Loang Baloq akhir bulan Juni. Kota Mataram pun dipersilahkan segera membuat usulannya. “Persetujuan lisan sudah ada. Tinggal kita diminta untuk membuat surat usulannya. Kita optimis ini direalisasikan oleh Kementerian Pariwisata,” tutup Denni.
Cukup banyak warga masyarakat yang mengetahui rencana penambahan sarana di Taman Hiburan Rakyat Loang Baloq. Dengan penambahan sarana, Loang Baloq diyakini semakin ramai dikunjungi. “Tentunya akan semakin bagus lagi kalau sarananya ditambah. Jadi semakin banyak daya tarik untuk datang ke Loang Baloq,” kata Hilda, salah satu pengunjung di Taman Loang Baloq. (gal)

Komentar Anda