Sukses di WSBK, UMKM Binaan PLN Peduli Siap Ramaikan MotoGP

BINAAN PLN: Setelah sukses mewarnai perhelatan WSBK, UMKM binaan PLN akan kembali memeriahkan perhelatan MotoGP. (ist/radarlombok)

MATARAM–Momentum pelaksanaan MotoGP yang digelar di kawasan Mandalika, Maret 2022 mendatang, menjadi kesempatan untuk kebangkitan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), khususnya UMKM lokal.

Memanfaatkan momentum itu, UMKM binaan PLN Peduli, seperti UMKM telur asin dari kelompok Lumbung Kreatif di Gunungsari – Lombok Barat dan UMKM Jahe Merah dari kelompok Tani Sejahtera – Lombok Barat, siap meramaikan event perhelatan international tersebut.

Safwan, ketua kelompok Tani Sejahtera, menuturkan pengalaman keikutsertaannya pada saat perhelatan World Superbike (WSBK) 2021 yang mana mampu mendongkrak pemasaran produk jahe merah yang diproduksi langsung oleh kelompoknya.

“Gelaran bertaraf internasional seperti WSBK kemarin, menjadi ajang yang sangat membantu promosi produk-produk kami. Market goal nya pun nasional dan bahkan dapat kita promosikan ke pengunjung mancanegara yang berdatangan,” ucap Safwan.

Safwan menambahkan bahwa tantangan yang harus dijawab adalah tentang menyiapkan produk yang bersaing, baik dari sisi tampilan, harga yang relevan, promosi yang menarik dan tentunya kualitas produk itu sendiri.

BACA JUGA :  Keberadaan SPLU PLN Sangat Membantu Penonton MXGP di Camping Ground

“Selama ini kami dibina melalui PLN Peduli untuk mempersiapkan hal-hal demikian. Mulai dari produk, kualitas produk, izin-izin yang diperlukan dan juga di sisi pemasaran. Kami siap meramaikan event yang berlangsung di Mandalika,” jelas Safwan.

Senada dengan Safwan, Dewi Suci Wulandari, ketua kelompok Lumbung Kreatif, mengatakan bahwa ini adalah kesempatan yang sangat besar.

Hal ini memicu kelompoknya untuk menghasilkan produk yang dapat diterima pasar melalui persiapan jumlah kapasitas produk, kualitas packing dan yang utama promosi produk yang terus menerus.

“Kami tidak dapat melewatkan kesempatan ini. Kelompok kami pun sudah menjalin komunikasi dengan dinas terkait tentang persiapan yang harus kami siapkan. Tentunya didukung juga oleh PLN Peduli. Kelompok kami juga harus bisa mandiri,” ujar Dewi.

BACA JUGA :  Bantuan Stimulus Listrik PLN Diperpanjang April-Juni, Ini Cara Mendapatkan

Otong Sugiono, Senior Manager Perizinan, Pertanahan dan Komunikasi, menyampaikan keikutsertaan UMKM-UMKM, terutama UMKM di bawah binaan PLN Peduli pada pagelaran sebesar MotoGP dapat mendongkrak perekonomian daerah.

Hal ini merupakan dukungan PLN yang tidak hanya soal energi listrik, tetapi PLN juga menyiapkan UMKM yang mampu membangun kemandirian.

“PLN Peduli dari awal membangun dan mengembangkan kelompok-kelompok usaha kecil dan menengah melalui pembinaan keterampilan usaha, tata kelola dan pemasaran. Tentunya UMKM binaan ini sangat siap untuk meramaikan pagelaran besar di Mandalika,” ujar Otong.

Otong juga menyampaikan bahwa kehadiran PLN Peduli ini merupakan wujud hadirnya PLN sebagai perusahan milik negara, sesuai dengan visi misinya, yaitu menjadi perusahaan yang mendorong kegiatan ekonomi. (gt)