SK Baehaqi Sebagai Dosen Berlaku Mulai 1 Oktober

GIRI MENANG –Jabatan H. Baehaqi sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Lombok Barat akan berakhir dalam hitungan hari. SK-nya sebagai dosen akan resmi berlaku tanggal 1 Oktober mendatang. Bupati Lombok Barat, H. Fauzan Khalid sudah menyiapkan langkah untuk mengganti Baehaqi. Bupati sudah membentuk dan menetapkan susunan panitia seleksi (Pansel) jabatan Sekda Lombok Barat.”Pansel untuk Sekda sudah di-SK-kan. Panitia sudah terbentuk.

Anggota pansel terdiri dari akademi, pejabat provinsi dan pejabat Lombok Barat.” Anggota Pansel berasal dari luar hanya satu orang dari Pemkab Lobar,” ungkap bupati. 

Terkait tahapan, itu menjadi kewenangan Pansel yang akan bekerja menentukan tahapan-tahapan pelaksanaan seleksi Sekda. 

Sementara itu, akan berakhirnya jabatannya Sekda ini membuat sejumlah nama muncul sebagai kandidiat Sekda Lombok Barat. Sebut saja kepala Bappeda Lombok Barat, H. Ahmad Saikhu, Asisten III H. Ilham, kepala Dinas Dukcapil M. Hendryadi, Asisten I Agus Gunawan dan sejumlah pejabat lainnya yang memenuhi syarat untuk mengikuti Pansel. 

Terkait siapa yang berpotensi menjadi penggantinya, Sekda H. Baehaqi mengatakan banyak pejabat yang memiliki potensi dan kemampuan dan berpeluang menjadi Sekda. Namun tentu itu tergantung hasil Pansel. Mengacu PP 11 tahun 2017 tentang ASN, di situ ada syarat-syarat. Dan berdasarkan surat Kemenpan RB terbaru, batas usia untuk Sekda kabupaten kota 58 tahun dengan syarat tidak mengajukan MPP.

Beberapa nama diyakini memiliki inovasi. Tentu harapannya, penggantinya akan lebih baik. “ Sehingga Lobar ini akan lebih terakselerasi dalam pencapaian tujuan terutama RPJMD dan dijabarkan dalam Renstra OPD masing-masing,” ungkapnya. 

Tugas Sekda adalah menjadi staf bupati, yang bertugas mengakselerasi kaitan dengan regulasi daerah, mengkomunikasikan tugas di eksekutif dan legislatif, serta tugas tambahan lain yang diberikan bupati. 

Menurut Baehaqi, semuanya bagus. Masin-masing punya kapasitas dan kapabilitas yang terukur dan memiliki potensi untuk bisa menjadi Sekda.”Mungkin mereka memiliki manajemen yang jauh lebih baik dari saya dan dari berbagai aspek lain juga akan jauh lebih baik,” tutup Sekda.(ami) 

Komentar Anda
Baca Juga :  Dua Orang Warga Lombok Barat Positif Corona