RSIK Dioperasionalkan Jelang HUT Lotim

RSIK
SEGERA DIOPERASIKAN: Inilah Rumah sakit Islam Kita yang akan segera ditempati oleh pemerintah daerah. (Janwari Irwan/Radar Lombok)

SELONG – Pemerintah Lombok Timur merencanakan akan menempati Rumah Sakit Kita yang dibangun di Wilayah kecamatan labuhan haji pada tanggal 31 Agustus mendatang bertepatan dengan hari ulang tahun Lombok Timur.

Sekretaris Dinas Kesehatan kabupaten Lombok Timur Mahalil Ulil Amri mengaku pada tanggal 30 Agustus mendatang merupakan hari pertama RSIK mulai beroperasi. Tetapi menganai kesempurnaan pelayanan dimulai dari pelayanan Poli dan UGD. Sementara untuk rawat inap tentunya perlu pembenahan gedung. “Jadi pada tanggal 30 RSIK itu sudah mulai tetapi hanya melayani pasien rawat jalan dan Unit gawat darurat saja,” katanya.

Untuk tenaga yang akan digunakan dalam RSIK ini katanya, tentunya tenaga yang sudah saat ini, yaitu tenaga yang ada di Rumah Sakit Soedojono selong. Karena dana operasional dan lain – lain masih satu manajemen dengan Rumah Sakit Umum Soedjono Selong. Artinya,tenaga – tenaga yang ada saat ini akan diperbantukan untuk RSIK.

Untuk kelengkapan peralatan RSIK ini katanya, sudah dianggarkan di APBD perubahan. Sehingga nantinya berbagai kekurangan fasilitas RSIK bisa segera lengkap, dan masyarakat yang dilayani bisa dengan nyaman. “Insya Allah tahun depan semua perlengkapan di RSIK sudah lengkap, tidak perlu menunggu tahun depan lagi,” katanya.

Begitu halnya dengan sejumlah puskesmas yang rusak akibat gempa sambungnya, pada saat ini sudah dalam tahap proses pelelangan. Karena puskesmas yang mengalami kerusakan akibat gempa itu adalah Puskesmas Sembalun dan puskesmas belanting. Selain itu ada juga penambahan beberapa gedung puskesmas untuk meningkatkan statusnya. “ Yang akan ditambah gedungnya juga sakra dan keruak, ini dilakukan untuk meningkatkan statusnya,’’ katanya.

Melihat dari proses yang sudah berjalan sambungnya, tentunya pada akhir tahun 2020 mendatang semua pembangunan gedung yang diperioritaskan tentunya harus tuntas dikerjakan. Karena target dari pembangunan puskesmas sembalun dan belanting serta pembangunan gedung lainnya ditargetkan jadi tahun 2019. “ Karena ini anggaran tahun 2019 tentunya harus jadi tahun 2019 mendatang, termasuk menyiapkan alat- alat kesehatannya,” pungkasnya. (wan)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid