Refleksi Setahun Kepemimpinan, Zul-Rohmi Sejahterakan Yatim Piatu

PENYERAHAN: Disaksikan Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, Wagub NTB Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, menyerahkan Kartu Identitas Anak Yatim Piatu (KIAP) Sejahtera Al Yatama Sekolah di Balai Sosial Lanjut Sosial Mandalika, Jumat (20/9/2019). (hms for radarlombok.co.id)

MATARAM—Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah dan Wakil Gubernur NTB Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah menghadiri acara pembagian Kartu Identitas Anak Yatim Piatu (KIAP) Sejahtera Al Yatama Sekolah “Husnul Khotimah” BSLU Mandalika di Balai Sosial Lanjut Sosial Mandalika, Jumat (20/9/19).

Pembagian KIAP ini sebagai salah satu bentuk refleksi satu tahun kepemimpinan Zul-Rohmi yang mengemban visi NTB Gemilang yang bekerjasama dengan Bank NTB Syariah. Momentum bahagia ini dimanfaatkan dengan membagi kebahagiaan bersama anak-anak yatim piatu dan para lansia di Provinsi NTB.

Dalam sambutannya, Gubernur NTB mengungkapkan rasa bahagia dan cintanya terhadap anak-anak yatim piatu. Ia berharap dengan pemberian KIAP ini tidak ada lagi anak-anak yatim piatu yang terlantar pendidikannya serta yang tidak terurus. Pemprov NTB ingin memastikan anak yatim piatu yang tak mampu agar diberikan kesejahteraan dan dorongan masa depan.

“Mudah-mudahan dengan elusan rambut yang kita berikan kepada anak-anak kita dapat menghadirkan senyuman di wajah mereka, dan semoga dengan doa-doa yang mereka panjatkan dapat menghadirkan kedaiman dan keberkahan untuk Provinsi NTB”, ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Provinsi NTB Dra. T. Wismaningsih Drajadiah pada kesempatan itu mengatakan, KIAP menjadi database untuk mengetahui perkembangan anak serta pemantauan kebutuhan sosial dan layanan yang diperoleh anak. “Dengan kartu ini anak-anak diharapkan dapat mengakses sepuluh dasar kebutuhan anak,” ujarnya.

Data yang ada sementara ini, jumlah yatim piatu yang akan terlayani KIAP sebanyak 6.341 orang. Mereka yang mendapat KIAP ini adalah anak yatim piatu yang tergolong miskin. Semua bantuan sosial untuk mereka nantinya akan masuk melalui KIAP tersebut,” Kita akan terus menunggu data yang masuk,” katanya.

Di tahap awal ini, sebanyak 219 KIAP dibagikan kepada anak-anak yatim piatu se-NTB. Kartu ini berupa kartu ATM dan rekening tabungan, sehingga seluruh bantuan langsung berupa uang dapat langsung dimanfaatkan untuk kebutuhan anak-anak.

Sebelum pembagian KIAP kepada anak-anak yatim piatu, Dinas Sosial Provinsi NTB juga memberikan bantuan sosial kepada beberapa Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) yang ada di Provinsi NTB.

Acara ini juga dirangkaikan dengan peletakan batu pertama pembangunan Kantor Layanan Pensiunan PT. Bank NTB Syariah. Pembangunan ini ditujukan agar para pensiunan dapat dengan mudah mengambil uang pensiun di unit Bank NTB. (hms/sal)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid