PMI Salurkan Bantuan Qatar Red Crescent untuk Korban Gempa

SOSIALISASI: Para relawan dari PMI dan Perbankan ketika memberikan sosialisasi kepada warga penerima bantuan dari Qatar Red Crescent, Sabtu (30/11/2019). (pmi for radarlombok.co.id)

GIRI MENANG—PMI dengan dukungan Qatar Red Crescent, menyalurkan Bantuan Berbasis Tunai (BBT), untuk masyarakat terdampak bencana gempa di Dusun Apit Aik dan Guntur Macan, Desa Guntur Macan, Kecamatan Gunungsari, Kabupaten Lombok Barat, Sabtu kemarin (30/11/2019).

Bantuan ini disalurkan melalui Cabang Bank Mandiri Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Dimana masyarakat yang menjadi penerima manfaat dapat memperoleh dana bantuan dengan melakukan penarikan di Bank Mandiri sejak 27-29 November 2019.

Sebelum melakukan penarikan, penerima manfaat diberikan Kartu Penerima Manfaat (KPM) PMI khusus BBT. Dan beberapa hari sebelum penarikan dana bantuan dilakukan, para penerima manfaat mendapatkan sosialisasi terkait mekanisme proses penarikan, dan penggunaan dana bantuan. Termasuk bagaimana cara membangun rumah aman dan sehat, yang dipresentasikan oleh tim Bantuan Berbasis Tunai (BBT), Shelter dan Wash.

“Saya sangat senang telah mendapatkan bantuan ini dari PMI. Saya berencana akan menggunakan bantuan ini untuk memplester rumah dan membuat toilet,” kata salah satu penerima manfaat yang berasal dari Desa Guntur Macan, Narisah.

Untuk melancarkan proses penarikan, 12 orang relawan diturunkan selama kegiatan berlangsung. Para penerima manfaat yang totalnya mencapai 190 orang ini, mengikuti arahan dari para relawan dan petugas bank, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

Dana yang diperoleh mencapai Rp 7 juta, untuk maisng-masing penerima manfaat. Dimana setelah memperoleh dana bantuan, penerima manfaat akan diminta memegang kartu penerima manfaat, dan bukti penarikan dana untuk didokumentasikan oleh rekan relawan.

“Bantuan ini diperuntukan hanya untuk memperbaiki rumah inti seperti pintu, jendela, atap rumah, serta membuat atau memperbaiki toilet, dapur dan gudang. Diharapkan masyarakat dapat mempergunakan bantuan ini sesuai dengan apa yang sudah rekan-rekan relawan sampaikan saat sosialisasi,” pinta Koordinator BBT PMI Provinsi NTB, Hijir Ismail, seraya menyampaikan, pihak Qatar Red Crescent menargetkan penarikan dana yang dilakukan oleh penerima manfaat dapat dituntaskan pada akhir bulan November 2019. (gt)