PKB Segera Bahas Pilkada 2018 di Muswil

MATARAM—Menyonsong pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2018, partai politik sudah mengambil ancang-ancang dalam menghadapi momen politik tersebut.

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) misalnya, pada pelaksanaan Musyarawah Wilayah (Muswil) partai ini akan diagendakan untuk membincang arah politik pilkada. Lebih dari itu, agenda utamanya yakni, memilih ketua dan menyusun kepengurusan baru.

Ada 4 pilkada akan dilangsungkan di tahun 2018. Yakni pilkada NTB, pilkada Lombok Timur, pilkada Lombok Barat dan pilkada Kota Bima. “Segala kemungkinan dinamika politik yang akan terjadi di Pilkada 2018 segera dibahas saat Muswil,” ungkap Sekretaris DPW PKB NTB, Akhdiansyah, Rabu (25/5).

PKB dengan raihan 6 kursi di DPRD NTB, ungkapnya, harus ambil peran dalam pertarungan pilkada serentak 2018.

PKB, menurutnya, harus sudah mulai menelaah dan mengkaji potensi kekuatan, kelebihan maupun kekurangan dalam menyonsong pertarungan pilkada serentak 2018. Dengan hal itu, diharapkan PKB bisa lebih siap bertarung di pilkada.

"Makanya harus sejak awal kita persiapkan," papar mantan aktivis PMII cabang Kota Mataram itu.

Salah satu upaya yang dilakukan PKB, kata Yongky  (panggilan akrabnya), dengan melakukan penataan dan penguatan struktur kelembagaan kepartaian. Baik dari tingkat DPW hingga tingkat PAC. Diharapkan, dengan ada penataan dan penguatan struktur kepartaian, kerja-kerja kepartaian  bisa lebih bekerja efektif dan optimal.

Selain itu, pihaknya juga terus melakukan rekrutmen dan pelatihan kader bagi para anggota baru. Terutama dari berlatar belakang mahasiswa, aktivis, pemuda dan lainnya.

Dengan keberadaan kader tersebut, diharapkan bisa menjadi energi dan spirit baru bagi partai dalam memenangkan pemilu kedepan. "Kita targetkan PKB harus bisa masuk tiga besar raihan suara di NTB pada pemilu mendatang," ucapnya.

Terkait dengan kemungkinan PKB akan mengusung kader di pilkada serentak 2018. Pihaknya akan membicarakan hal tersebut di Muswil. Meski begitu, pihaknya memiliki banyak kader berkualitas dan mumpuni untuk bisa dijagokan dalam pertarungan pilkada serentak 2018.

Disinggung terkait dengan kesiapan maju ketua DPW PKB NTB, Najamuddin Mustafa dalam pilkada Lotim, dia mengatakan, ia adalah kader terbaik yang dimiliki PKB. Dia berpandangan sosok tersebut cukup berhasil dalam memimpin PKB. Buktinya, ada peningkatan signifikan dari jumlah raihan suara.

Pihaknya sebagai kader sangat mendukung dengan kesiapannya maju bertarung di pilkada Lotim. "Semua akan dibicarakan di Muswil," terangnya.

Terkait jadwal pelaksanaan Muswil, dia mengatakan, pihaknya masih menunggu jadwal dari DPP. Sesuai dengan SK DPP kepengurusan 2011-2016 akan berakhir pada Mei ini. (yan)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid