Petanque Sukses Amankan Enam Tiket PON Aceh-Sumut 2024

ATLET : Cabor Petanque berhasil loloskan enam kategori tampil di PON 2024. (IST FOR RADAR LOMBOK)

MATARAM – Sejumlah atlet Petanque NTB berhasil mendapatkan tiket PON Aceh-Sumatera Utara 2024 melalui Pra-PON yang digelar di Bali, pekan lalu. Dari babak kualifikasi tersebut, NTB berhasil lolos di enam nomor pertandingan.

“Ini sudah resmi, hari terakhir kita bisa menambah dua nomor. Jadi total enam nomor pertandingan lolos,” kata Sekretaris Pengprov FOPI NTB Isyani, Rabu (9/7).

Enam nomor pertandingan yang lolos ke PON 2024 adalah Single Man, Double Man, Triple Woman, Triple Mix B, Beregu Putra, dan Beregu Putri. Perjuangan seluruh tim sangat maksimal dan Pengprov sangat mengapresiasi seluruh dukungan yang diberikan.

Petanque menerapkan sistem kelolosan by number. Artinya hanya nomor pertandingan yang sudah pasti. Namun untuk atlet masih bisa berganti.

Baca Juga :  KONI NTB Datangkan SLANK di Konser Metamorfes Road To PON Nusra

”Nomor pertandingan saja yang sudah pasti. Komposisi atlet yang menempati nomor itu bisa berganti tergantung situasi ke depannya,” jelas wanita yang akrab disapa Yani ini.

Ada 13 nomor pertandingan dalam Pra-PON petanque. Nomor pertandingan putra dan putri terdiri dari shooting, single, double, triple, dan beregu. Sedangkan campuran mempertandingkan double, triple (2 putra dan 1 putri), dan triple (1 putra dan 2 putri). Dari seluruh nomor tersebut, NTB mengantongi hampir setengah kuota lolos PON 2024.

Selain meloloskan enam nomor pertandingan, kontingen NTB juga meraih satu medali perak. Medali perak di mix NTB berada di Grup C. NTB bersaing dengan Jawa Timur, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, dan Gorontalo. NTB mencetak tiga kemenangan di fase grup melawan Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, dan Crorontalo.

Baca Juga :  Sirkuit MXGP Selaparang Mirip Sirkuit Assen di Belanda

Namun kalah di pertandingan terakhir melawan Jawa Timur. Dengan tiga kemenangan tersebut, NTB lolos ke fase knockout sebagai runner up, mendampingi Jawa Timur yang berstatus juara grup. Di fase knockout, NTB mampu mengalahkan Jawa Tengah di pertandingan pertamanya. Kemenangan kedua diraih NTB usai mengalahkan Yogyakarta.

NTB ditunggu Bali di babak semifinal yang lolos usai mengalahkan Sulawesi Tengah. Partai puncak NTB kembali bertemu dengan Jawa Timur. Dua wakil Grup C bentrok untuk ‘mempere’mbutkan medali emas dan dimenangkan Jawa Timur yang lolos ke babak final usai mengalahkan Jambi dan Jawa Barat. (rie)

Komentar Anda