Muhammad Darus Shawab, Pelukis Anime Asal Rempung Lotim yang Mulai Mendunia

Dari Sekadar Hobi, Lukisannya Diminati Lima Benua

MUHAMMAD DARUS SHAWAB (istimewa/radar lombok)

Pelukis anime atau kartun tidak banyak dari Indonesia. Namun kini muncul Muhammad Darus Shawab, pelukis Anime Jepang dari Rempung Lombok Timur. Namanya semakin dikenal oleh pecinta lukisan anime Jepang. Banyak lukisannya yang laku terjual di berbagai negara.

ALI MA’SHUM—LOMBOK TIMUR

LUKISAN anime atau kartun di Pulau Lombok masih asing didengar. Karena anime lebih dominan soal tentang penggemar film kartun. Pelukisnya juga masih sangat jarang. Tapi kini walaupun masih senyap terdengar, kini muncul pelukis anime Jepang asal Desa Rempung, Kecamatan Pringgasela, Kabupaten Lombok Timur. Namanya Muhammad Darus Shawab. Pria 24 tahun ini menjelma menjadi pelukis anime andal. Karyanya pun diburu pecinta anime dari lima benua.

Darus nama panggilan akrabnya sejak kecil sudah tertarik dan punya bakat melukis. Awalnya hanya melukis sejumlah tokoh atau film kartun terkenal. Seperti Dora, Batman dan lainnya. ‘’Saya awalnya waktu kecil itu nonton tv sambil menggambar tokoh kartunnya,’’ ujarnya memulai ceritanya kepada Radar Lombok, kemarin (1/12).

Hasil lukisannya mulai mendapat pengakuan. Saat SMP, Darus sudah ada niat menjual lukisan. Tapi niatnya tertahan karena tidak punya pengalaman menjual. ‘’Walaupun niat saya sudah ada menjual lukisan sejak SMP,’’ katanya.

Lalu saat mulai kuliah tahun 2016, dia mencoba menjual lukisan. Ia awalnya menjual lukisan yang dibuat dari coretan pensil. Karena lukisannya mulai ada peminat, dia beralih untuk melukis tokoh anime Jepang. Tidak lagi menggunakan pensil tapi cat minyak yang dilukis di kanvas. Awalnya hanya posting di media sosial dengan lukisan ala kadarnya. Namun ternyata banyak yang berminat. ‘’Waktu itu murah dijual. Yang penting ada yang beli. Karena saya belum tahu cara bisnisnya seperti apa,’’ ungkap kelahiran 18 Januari 1997 itu.

BACA JUGA :  Mode Baryon dan Kematian Kurama

Luksannya mulai terjual meski keuntungan penjualan lukisan belum cukup. Darus kemudian mulai bertanya untuk serius menjual lukisan. Pembeli awalnya kebanyakan luar Lombok. Karena penyuka anime di Lombok mash jarang. Begitu juga harganya yang tidak terlalu mahal. ‘’Tahun 2018 itu mulai banyak yang beli,’’ terangnya.

Dia terus mencari cara untuk promosi. Cukup banyak grup animo medsos yang dia singgahi. Sambil upload (posting) lukisannya di grup anime, Darus juga menyalin cara serupa dengan bergabung grup anime luar negeri. Lukisannya pun menjadi tambah banyak peminat dan dipesan di berbagai negara. ‘’Dari Amerika awalnya memesan tahun 2019. Lalu beberapa negara Eropa. Australia, Asia dan Afrika juga memesan. Alhamdulillah sudah cukup banyak,’’ jelasnya.

Setelah rutin menerima pesanan, Darus mengubah cara bisnisnya. Dia tidak lagi menjual lukisan plus bingkainya. Tapi hanya menjual lukisannya saja. ‘’Kalau dikirim sama bingkainya. Nanti harga lukisan saya sama dengan ongkos kirimnya ke luar negeri. Makanya jarang yang beli kalau seperti itu,’’ katanya.

Saat ini, pesanan lukisan semakin banyak, terutama dari USA dan Inggris. Kemudian dari Asia hingga Mexico. Dia juga sedang mengerjakan pesanan dari Prancis. Untuk harga, Darus berpatokan pada Dolar Amerika (USD). ‘’Untuk harga di Indonesia ukuran 1 x 1 meter tanpa bingkai Rp 700 ribu dijual di Indonesia. Di luar negeri dijual seharga Rp 3 juta. Fokus menjual ke luar negeri sekarang,’’ ungkapnya.

BACA JUGA :  Mangaka One Piece Eiichiro Oda Akui Karya Pemuda Lotim Ini

Untuk lama pengerjaan satu lukisan, Darus menyebut tergantung mood saat melukis. Jika mood berantakan dan sakit kepala, satu lukisan bisa selesai cukup lama. Karena melukis butuh konsentrasi lebih. ‘’Biasanya satu lukisan bisa tiga hari selesai kalau ukuran besar. Tergantung mood juga. Karena kepala ini tetap main. Saya tetap usahakan istirahat juga,’’ terangnya.

Lukisan yang dibuat juga tergantung keinginan pemesan. Juga bisa membeli yang sudah jadi. ‘’Sudah ada daftar harganya. Bebas saja milih yang mana,’’ tambahnya.

Saat ini lukisan paling laris dan diburu adalah tokoh anime One Piece. Karena saat ini dianggap anime terbaik di dunia. “Di sana ribuan karakternya. Nama saya dikenal juga karena anime One Piece ini,’’ jelasnya.

Kendala yang dihadapi saat ini bisa dilalui seperti susah saat transaksi jual beli. Saat ini jadi terbiasa dengan teknologi. ‘’Umumnya sudah tidak ada kendala. Tapi ada yang jahil seperti memesan sudah dilukis tapi tiba-tiba cancel. Pemesan tidak bisa lama menunggu. Berbisnis orang luar harus tepat waktu,’’ bebernya.

Harapan kedepannya, semoga lukisannya semakin banyak dikenal. Walaupun pada awalnya, dia tidak ingin ada yang tahu bisa melukis. Tapi zaman sekarang, sebagus apapun lukisan kalau tidak dikenal maka lukisannya tidak punya nilai jual. ‘’Saya berharap bisa membawa nama Indonesia juga. Karena jarang sekali pelukis anime dari Indonesia. Pengen ditahu sama dunia saja. karena cita-cita saya jadi pelukis terkenal,’’ harap Darus.