Meski Hujan, Warga Tetap Antusias Gunakan Hak Pilih ke TPS

PILKADA LOTENG: Pemungutan suara Pilkada Loteng 2020 harus mematuhi protokol kesehatan di TPS. (faisal haris/radarlombok.co.id)

PRAYA-Pemungutan suara pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2020 di Kabupaten Lombok Tengah, hingga saat ini masih berjalan lancar. Meski sebagian wilayah tempat pemungutan suara diguyur hujan gerimis, Rabu (9/12/2020).

Pantauan radarlombok.co.id di wilayah Kecamatan Kopang, seperti di beberapa titik yang berada Desa Kopang Rembiga misalnya, suasana gerimis tidak menyurutkan langkah masyarakat untuk datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) dalam menentukan hak pilihnya.

Anggota PPS Desa Kopang Rembiga, Martawijaya menyampaikan, dari hasil pantauan yang dilakukan ke tiap-tiap TPS, saat ini masih berjalan lancar dan kondisif.

“Alhmadulillah dari beberapa TPS yang kami pantuan masih berjalan lancar dan aman,” ujarnya disela-sela melakukan pantauan di TPS 31 Dusun Bebak.

Jumlah TPS di Desa Kopang Rembiga sebanyak 32 TPS dengan total jumlah pemilihi sekitar 13 ribu lebih. “Kita masih terus pantau di 32 TPS bersama anggota,” sambungnya.

Suasana disetiap TPS, para petugas terus mengingatkan kepada masyarakat agar memperhatikan protokol Covid-19. Menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan ditempat yang sudah disediakan sebelum dan sesudah melakukan pencoblosan.

“Kita tekankan kepada semua anggota KPPS agar selalu mengingatkan dan memperhatikan protokol Covid, begitu juga para petugas,” ucapnya.

Ditambahkan pengawas TPS, Munawir Zazali yang selalu standby memantau jalannya pelaksanaan pemungutan suara mengaku pelaksanaan di TPS masih berjalan lancar meski kondisi gerimis. “Sejak dibuka tadi sekitar pukul 07.00 Wita, kondisi terpantau aman,” tambahnya.

Seperti diketahui pelaksanaan pemungutan suara dilaksanakan dari pukul 07.00 Wita sampai 14.00 Wita. Bagi yang menggunakan hak pilih menggunakan KTPatau diberikan kesempatan memilih mulai pukul 12.00 Wita.

“Kita harapkan masyarakat bisa menjaga jalannya proses pemilihan, dan bagi yang belum menggunakan hak pilih agar bisa langsung ke TPS dengan membawa surat undangan atau dokumen lainnya seperti KTP atau KK,” tegasnya. (sal)