Masyarakat NTB Buru All New Toyota Calya

MATARAM—Sejak dilaunching 28 Agustus 2016 lalu, main dealer Krida Toyota kebanjiran pesanan mobil All New Calya. Mobil murah namun tampil elegan dan kaya fitur dari produk Toyota tersebut membuat kepincut konsumen yang ada di Provinsi NTB.

Bahkan hingga pertengahan September masyarakat yang sudah inden All New Toyota Calya baik itu Type E (Manual) dan Type G (matic) sama –sama laris sudah mencapai diatas 100 unit. “Antusias masyarakat NTB untuk memiliki All New Toyota Calya cukup tinggi. Pesanan hingga saat ini sudah diatas 100 unit yang belum bisa terpenuhi,” kata Branch Manager (BM) Krida Toyota, Samsuri Prawiro Hakki kepada Radar Lombok di Mataram, Rabu kemarin (28/9).

Tingginya minat masyarakat NTB membeli All New Toyota Calya tidak sebanding dengan jatah yang diberikan oleh pabrikan Toyota. Dimana setiap bulannya pabrik hanya mengirimkan sebanyak 30-35 unit All New Toyota Calya. Sementara rata-rata pesanan setiap bulanya sejak dilaunching secara resmi pada tanggal 28 Agustus 2016 itu lebih dari 50 unit baik itu untuk Type E dan Type G.

Hingga saat ini, lanjut Samsuri, Krida Toyota baru bisa mengirimkan 50 unit All New Toyota Calya kepada konsumen yang memesan sejak dilakukan launching. Minimnya jumlah produksi pabrik untuk All New Calya juga terbatas untuk suplay penjualan nasional, sementara animo masyarakat akan produk mobil murah dengan kaya fitur tersebut sangat tinggi.

Permintaan yang tinggi tidak sebanding dengan kuota yang diberikan dari pabrikan Toyota, membuat jajaran manajemen Krida Toyota meloby ke manajemen Toyota pusat agar diberikan penambahan alokasi setiap bulannya 65 unit.

Hal tersebut untuk menjawab animo masyarakat NTB akan mobil All New Toyota Calya. Namun jika permintaan penambahan kuota tidak sesuai harapan, dikarenakan secara nasional All New Calya diburu oleh pengguna setia Toyota, maka Krida Toyota NTB akan mengirim pesanan yang lebih duluan. “Kami saat ini mengajukan permintaan penambahan, sehingga maksimal lama inden itu dua bulan sudah dikirimkan barangnya ke konsumen di NTB,” kata Samsuri.

Meski masa inden yang cukup lama karena tingginya animo masyarkat akan All New Toyota Calya, Samsuri merasa yakin masyarakat yang sudah memesan tersebut akan sabar untuk menunggu giliran dikirimin mobil incaran mereka. Hal tersebut terbukti dengan setiap harinya ada saja konsumen lebih dari tiga orang yang daftar untuk All New Calya baik itu Type E dan Type G. “Kami berharap November nanti sudah bisa terurai semua pesanan All New Calya bagi konsumen setia Toyota di NTB,” ujarnya.

Mengenai hadirnya All New Calya dikhawatirkan bisa menggerus pangsa pasar Toyota Agya dengan harga jual di NTB Rp130 jta – Rp145 juta termasuk juga pangsa pasar Avanza, Samsuri mengakui terjadi pergesaran dan perubahan. Hanya saja perubahan tersebut tidak terlalu besar. Buktinya, penjualan Toyota Agya dan Avanza terus mengalami peningkatan.

Pangsa pasar Agya dan Avanza menyasar segmen yang berbeda. Konsumen memiliki pandangan tertentu dengan kehadiran mobil keluaran terbaru, meski untuk All New Calya ini mendapat respon luas yang luar biasa dari masyarakat. Dengan harga Rp150 juta hingga Rp190 juta, serta didukung dengan fitur yang lengkap dan tampilan menarik untuk mobil keluarga menjadi nilai lebih sehingga mendapat respon positif dari konsumen di Indonesia.

Tampak depan All New Calya  memiliki tampilan lebar yang memiliki desain radiator grill berbentuk trapezoid dan quot Tquotshape pada grill mesin. Tampilan ini  memperkuat aura dinamis dan modern pada tampilan Calya.

Tampilan di bagian samping, masih  terlihat dinamis, All New Calya memiliki dual line dari depan hingga belakang. Dimana dipadukan dengan spoiler berbentuk sirip. Alloy wheel 14-inch dual-tone dengan proses machining dan ground clearance 180 mm melengkapi bagian samping.

Pada bagian belakang yang memiliki tampilan body lebar, desain Reverse L-Shape dihadirkan di lampu belakang. Bukan hanya itu, garnish chrome juga terdapat pada bagian plat nomor.

Untuk bagian interior Calya, desain yang simple namun tetap modern dan tidak lekang oleh waktu menggunakan kombinasi warna hitam dan coklat yang senada. Salah satu hal unik pada Calya ini adalah floating central dashboard dengan tuas transmisi yang terletak  di samping lingkar kemudi, sehingga memudahkan pergantian transmisi. Rear Air Circulator dengan empat buah flaps akan berikan kenyamanan lebih pada penghuni kabin yang dapat merasakan hembusan udara dingin dari depan sampai ke belakang.

Kemudahan lainnya yang diberikan oleh Calya adalah akses keluar-masuk ke baris ke-3 yang dipermudah  dengan sistem easy one-touch tumble pada bangku baris ke-2. Bangku ketiganya pun mudah dilipat, berikan Anda kemudahan dalam memuat barang di bagasi. Sebagai kendaraan MPV 7-seater, All New Calya  dilengkapi 7 buah headrest dan 7 buah 3-point seatbelt untuk seluruh penumpang. (luk)