Lolos Semifinal World Athletics 2022, Sayangnya Zohri Tak Bisa Lanjutkan Lomba

SERBIA–Lalu Muhammad Zohri tampil prima dalam Heat World Athletics Indoor Championships 2022 di Serbia, Minggu (20/3/2022).

Pelari asal Pemenang, Lombok Utara ini finish ketiga sehingga lolos ke semifinal ajang bergengsi atletik itu.

Zohri juga memecahkan rekor nasional baru 6,58 detik dalam nomor 60 meter. Namun pelari 21 tahun ini mengalami cedera hamstring.

“Dan setelah didiskusikan dengan Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI), diputuskan lebih baik Zohri tidak melanjutkan perlombaan mengingat peluangnya dalam SEA Games 2022 mendatang,” ujar PB PASI di akun resminya.

BACA JUGA :  Masuk Alfamart Lalu Todong Kasir Pakai Parang, Pemuda Loteng Ini Ditangkap
Lalu Muhammad Zohri Finish Ketiga pada Heat World Athletics Indoor Championships 2022 di Serbia, Minggu (20/3/2022). (IST/PB PASI)

Dijelaskan PB PASI, tim medis bekerja sama dengan tim pembinaan agar dapat menangani cedera ini sehingga Zohri bisa segera pulih. Zohri sendiri menjadi satu-satunya wakil Indonesia di ajang ini.

“Terima kasih telah memberikan usaha yang terbaik. Come Back Stronger, @lalusprinter ! ❤️🇮🇩,” tulis PB PASI.

Dikutip dari Halodoc, cedera hamstring merupakan cedera yang menimpa tiga kelompok otot utama dari aspek posterior paha yang ada bagian belakang. Ketiga kelompok otot tersebut, yaitu semitendinosus, semimembranosus, dan biceps femoris.

BACA JUGA :  Luhut Janji Kasih Bonus untuk Zohri dan Sapwaturrahman jika Capai Target WACG Tokyo 2021

Cedera hamstring disebabkan oleh otot-otot pada bagian belakang paha yang tertarik melebihi kemampuannya. Hal ini dapat terjadi saat seseorang melakukan gerakan mendadak seperti lari cepat, melompat, atau menerjang secara tiba-tiba. 

Selain itu, cedera hamstring dapat juga terjadi ketika seseorang melakukan gerakan pelan tapi menarik otot belakang paha secara berlebihan. Jika seseorang pernah mengidap cedera hamstring, ia punya risiko lebih besar untuk terkena cedera yang sama. (RL)