Lalu Wira Anggap Dirinya Dijegal Maju Pilkada Kota

Lalu Wira Sakti
Lalu Wira Sakti.( AHMAD YANI/RADAR LOMBOK)

Pasca-pergantian Ketua DPD Berkarya Kota

 MATARAM–Lalu Wira Sakti tak lagi menjadi Ketua DPD Partai Berkarya Kota Mataram. Ia diganti oleh kader Berkarya lainnya. Lalu Wira kini menjabat Dewan Pakar DPD Berkarya Kota Mataram.

Menurutnya, pergantian yang dilakukan DPW Berkarya NTB itu erat kaitan dengan rencana dirinya maju sebagai Bakal Calon Wali Kota Mataram. Apalagi pergantian dilakukan sesudah ia deklarasi maju pilkada, serta sudah mendaftar penjaringan balon kada di NasDem. Kemudian juga berencana daftar di Gerindra, PKPI, dan lainnya. “Digeser saya dari ketua DPD, sangat mungkin terkait dengan pencalonan saya di pilkada,” kata Lalu Wira Sakti, Jumat (25/10) kemarin.

Pergeseran atau pergantian ini lanjutnya, diduga kuat merupakan manuver politik Ketua DPW Berkarya NTB, Darmawan untuk mengamankan dukungan Berkarya kepada figur tertentu. Pasalnya, Darmawan lebih condong memberikan dukungan kepada figur tertentu, ketimbang memberikan dukungan kepada kader internal. “Ini manuver politik dari Ketua DPW NTB (Darmawan) untuk mengamankan dukungan Berkarya di pilkada kota ke salah satu figur tertentu,” terangnya.

Ia pun sangat yakin, jika ia tak deklarasikan diri maju di pilkada, ia tak akan digeser menjadi dewan pakar. Seharusnya, keputusan kader yang berani maju mencalonkan diri harus didukung DPW. Bukan justru menjegal. “Jikapun saya tidak didukung DPW Berkarya maju di pilkada, saya tetap konsisten maju di pilkada,” tegasnya.

Secara tegas ia menolak pergeserannya ke dewan pakar. Baginya, SK yang diterbitkan DPW terkait ditunjuknya I Gusti Nyoman Agung Suganta sebagai Ketua DPD Berkarya Kota Mataram, tidak sah dan melanggar AD/ART.

Selain itu, tidak ada SK pencabutan terhadap SK sebelumnya, yang  menunjukkan dirinya sebagai Ketua DPD Berkarya Kota Mataram. Sesuai AD/ART harus ada SK pencabutan terlebih dahulu terhadap SK pengurus sebelumnya. Selain itu, harus persetujuan DPP. “Ada sikap arogansi ditunjukkan ketua DPW. Dan saya menolak dan siap melakukan perlawanan terkait hal tersebut. Karena itu tidak sesuai AD/ART partai,” tegasnya.

Sementara itu, Sekretaris DPW Partai Berkarya NTB, Indra Jaya menegaskan, Lalu Wira Sakti tetap tercatat sebagai kader internal. Pergeseran Lalu Wira Sakti dari jabatan ketua DPD menjadi dewan pakar, sebagai bagian dari upaya penyegaran. “Bahkan Lalu Wira kita naikkan level jadi dewan pakar,” tandasnya.

Menurutnya, SK pergantian yang diterbitkan DPW Berkarya Nomor 012/DPW/Berkarya/VIII/2019 sudah disetujui DPP, dan sudah sesuai AD/ART partai. Dalam SK tersebut Lalu Wira Sakti digantikan I Gusti Nyoman Agung Suganta.

Ia pun membantah bahwa pergantian itu sebagai upaya menjegalnya maju pilkada dan meraih dukungan Berkarya. Malah menurutnya, DPW bersyukur dan senang jika ada kader internal berani maju. Kendati Partai Berkarya punya aturan dalam menentukan arah dukungan. “Saat ini Berkarya belum menentukan arah dukungan di pilkada,” lugasnya. (yan/*)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid