Kwartir Daerah Komitmen Wujudkan NTB Gemilang

AUDIENSI : Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, saat menerima audiensi atau kunjungan Kepala Kwarda NTB, Drs. H. Fathul Gani.,M.Si diruang kerjanya, Selasa (25/2/2020). (hms for radarlombok.co.id)

MATARAM—Sebagai salah satu pioner dalam membentuk generasi muda masa depan bangsa utamanya di Provinsi NTB, Pramuka Kwartir Daerah Nusa Tenggara Barat (Kwarda NTB) akan menjadi bagian dari sumber daya yang akan membawa NTB menuju kegemilangan.

Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah mengungkapkan bahwa Pramuka memiliki peran penting dalam program-program yang ada di NTB ini utamanya program NTB Hijau dan Lestari.

“Pramuka ini kan memiliki peran yang sangat besar dalam pembangunan, utamanya dalam segi pelestarian. Selain itu, Pramuka bekerja dengan tanpa pamrih dan gotong-royong,” terang Wakil Gubernur, Selasa (25/2/2020).

Selain itu, Umi Rohmi akrabnya menyampaikan bahwa Pramuka juga dapat menjadi bagian dari ujung tombak dalam persiapan penanggulangan bencana bekerjasama dengan instansi-instansi terkait.

“Kita ingin juga Pramuka dapat berperan dalam penanggulangan bencana-bencana yang terjadi di provinsi ini. Jadi pemerintah tidak sendiri dan tidak mungkin bisa sendiri tanpa campur tangan yang lain dalam mewujudkan NTB Gemilang ini,” tuturnya.

Selain itu, Wagub juga meminta kepada Kwarda NTB untuk memberikan pendidikan ke sekolah-sekolah terkait dengan program pemerintah agar pelajar-pelajar di NTB mengetahui dan dapat berperan dalam pembangunan. Ia berharap, Pramuka dapat berperan maksimal dalam mewujudkan NTB Gemilang.

Sementara itu Kepala Kwarda NTB, Drs. H. Fathul Gani.,M.Si menegaskan bahwa Kwarda NTB akan mendukung program-program NTB dengan kegiatan-kegiatan kepramukaan yang akan disusun pada saat rapat kerja.

“Kami akan menjadi salah satu instrumen dari pemerintah yang akan melaksanakan program-program pemerintah menuju NTB Gemilang,” tuturnya.

Kak Gani, panggilannya dalam organisasi Pramuka ini mengatakan bahwa banyak hal yang dapat dilakukan oleh Pramuka dalam mewujudkan NTB Gemilang, mulai dari aksi penghijauan, penanggulangan bencana dan lain sebagainya. “Pramuka dapat berperan dalam banyak hal, kami dididik untuk dapat melakukan segalanya,” ucapnya.

Ia menerangkan beberapa kegiatan yang dilakukan oleh Pramuka berkaitan dengan program-program NTB Gemilang. “NTB Hijau sudah sering kami lakukan penanaman pohon, program zero waste, penanggulangan bencana kami sering turun gotong-royong. Insya Allah dengan kegiatan-kegiatan yang kami lakukan dapat membantu mewujudkan NTB Gemilang,” tutupnya. (hms/sal)

Bagaimana reaksi anda ?
  • Fascinated
  • Happy
  • Sad
  • Angry
  • Bored
  • Afraid