Karang Taruna Sikur Selatan Lestarikan Mata Air

SELONG—Memperingati hari Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 2016 mendatang, berbagai cara dilakukan oleh pemuda untuk memeriahkan. Seperti Karang Taruna “Panji Agung” Desa Sikur Selatan, melakukan perbaikan mata air Segire Timuk, agar airnya bisa tetap lestari dan bermanfaat bagi masyarakat.

Selain itu, sebagai rangkaian kegiatan juga digelar berbagai kegiatan. Salah satunya adalah lomba menangkap burung merpati yang berlangsung di depan Kantor Desa Sikur Selatan, Minggu kemarin (23/10). Kegiatan selain dihadiri oleh Kepala Desa Sikur Selatan, tampak pula Camat Sikur, Kapolsek Sikur, dan Ketua KNPI Lotim, serta semua elemen masyarakat yang ada di Desa Sikur Selatan dan desa-desa lainnya.

Kegiatan itu, pemuda setempat menggelar lomba menangkap burung merpati yang masing-masing telah diberikan nomor. “Siapa yang bisa menangkap burung merpati itu akan mendapatkan sejumlah uang yang disiapkan panitia,” jelas Ketua Karang Taruna Desa Sikur Selatan, Dedi Akuarizal.

Selain itu, acara juga dimeriahkan jalan sehat dengan rute perjalanan mengelilingi Desa Sikur Selatan. Tujuan utama kegiatan ini adalah untuk melihat kondisi dan keadaan sekitar desa yang masih banyak perlu dibenahi oleh masyarakat, pemuda khususnya. “Setelah kita keliling desa, apa yang masih perlu dibenahi akan dibenahi oleh Karang Taruna, bekerja sama dengan masyarakat,” jelasnya.

Sementara Kades Sikur Selatan, Lalu Putra menyampaikan ucapan terima kasih kepada Karang Taruna desa setempat, yang secara aktif turut melakukan perbaikan sarana, khususnya pelestarian sumber mata air yang ada.

“Jumlah mata air yang kita miliki di Desa Sikur Selatan ini ada sebanyak 7 buah mata air. Namun yang akan diperbaiki oleh Karang Taruna saat ini adalah sumber mata air Segire Timuk, yang berada di perbatasan Desa Sikur Selatan dengan Desa Padamara,” ungkapnya.

Mata air Segire Timuk digunakan oleh dua desa, dengan jumlah pengguna kurang lebih sekitar 250 KK, atau sekitar 1.000 jiwa. Meskipun banyak yang menggunakan air, namun sumber air ini tidak pernah kering. “Selain infrastruktur yang kita benahi, kita juga benahi smuber mata air yang ada di sekitar sini,” ungkapnya.

Sedangkan Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI)  Kabupaten Lombok Timur, dr Kurnia Akmal sangat mendukung acara yang dilakukan oleh Karang Taruna Desa Sikur Selatan. Menurutnya, kegiatan yang di lakukan Karang Taruna Panji  Agung ini banyak manfaatnya. Salah satunya tersedianya sumber air dan kebersamaan antara masyarakat.

“Kebersamaan yang dibangun disini dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda sangatlah tepat. Inilah langkah awal yang dilakukan dahulu untuk melahirkan Negara ini,” ungkapnya. (cr-wan)