Kakansar Mataram Pimpin Apel HUT Basarnas ke-48

HUT BASARNAS: Kepala Kantor SAR (Kakansar) Mataram, Nanang Sigit PH, memberikan ucapan selamat kepada para personilnya, usai Upacara HUT Basarnas ke-48, Jumat (28/2/2020). (ist for radarlombok.co.id)

MATARAM-Kepala Kantor SAR (Kakansar) Mataram, Nanang Sigit PH, memimpin pelaksanaan apel bendera peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Basarnas ke-48, bertempat di Lapangan Kantor Pencarian dan Pertolongan Kantor SAR Mataram, Jumat (28/2/2020). Upacara yang diikuti oleh jajaran TNI, Polri, KSOP, PMI dan instansi terkait itu berlangsung lancar dan hikmat.

Dalam amanatnya, Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas), Marsekal Madya TNI Bagus Puruhito, seperti yang dibacakan Nanang Sigit PH, menyampaikan bahwa Basarnas yang lahir pada tanggal 28 Februari 1972, berbagai dinamika dalam perkembangan eksistensi Basarnas selama ini masih menjadi tumpuan dan harapan bagi masyarakat dalam penyelenggaraan operasi SAR. “Kita bekerja sesuai koridor seperti tertuang dalam amanat undang-undang nomor 29 tahun 2014, tentang pencarian dan pertolongan,” kata Nanang.

Dalam menjalankan tugas utama Basarnas, lanjutnya, yakni menyelenggarakan operasi pencarian, penyelamatan, pertolongan, dan evakuasi pada kecelakaan penerbangan, pelayaran, kebencanaan pada tahap gawat darurat, serta kondisi membahayakan manusia yang terjadi di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Tugas besar dan penuh tantangan ini tentu membutuhkan keseriusan kita semua. Yang pasti, kita tidak bekerja sendiri. Kita juga didukung penuh oleh potensi-potensi SAR yang ada, baik di tingkat pusat maupun daerah. Sinergitas itu mutlak diperlukan, mengingat kompleksitas dalam penyelenggaraan operasi SAR,” ucap Nanang.

Selama ini, katanya, Basarnas memiliki reputasi yang baik di mata masyarakat, yang diperoleh dengan kerja keras, dedikasi, dan motivasi yang tinggi dalam melaksanakan setiap tugas. “Tidak hanya profesional, sinergi dan militant, tetapi juga pendekatan-pendekatan yang humanis, dan mengutamakan kearifan lokal saat menyelenggarakan operasi SAR,” ujarnya.

Selama tahun 2019, Basarnas telah berhasil meraih berbagai prestasi di tingkat kelembagaan. “Semoga prestasi-prestasi tersebut, dapat menjadi acuan untuk semangat kita. Sehingga kita semua lebih termotivasi dalam bekerja, guna memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat dalam pelaksanaan tugas yang mulia ini,” harapnya.

Pada peringatan HUT ke-48 tahun ini, Basarnas telah memiliki dua armada Kapal Negara (KN) baru, yaitu KN SAR 103 Wisnu, dan KN SAR 104 Kamajaya, yang siap dioperasionalkan. Ke dua kapal masing-masing berukuran panjang 66 meter, sebagai kapal pendukung penyelenggaraan operasi SAR, sekaligus suplay logistik. Selain itu, ke dua kapal juga dilengkapi dengan berbagai peralatan SAR modern, serta peralatan Iainnya. “Semoga keberadaan kapal-kapal ini akan meningkatkan kapasitas operasional kita, sehingga penyelenggaraan operasi SAR khususnya di perairan dapat terlaksana Iebih efektif dan efisien,” harapnya.

Sebagai lembaga pemerintah non Kementerian, Basarnas juga harus mensukseskan program-program pembangunan nasional yang telah dicanangkan pemerintah, khususnya pada sektor pariwisata. Demikian personil Basarnas harus senantiasa menjadi pribadi-pribadi yang selalu meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, profesionalisme dan soliditas dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia Basarnas.

“Selain itu bisa menjaga sinergitas dan membina potensi SAR melalui wadah forum koordinasi potensi pencarian dan pertolongan. Selalu menjadi kesiapsiagaan dan kewaspadaan terhadap situasi dan kondisi di wilayah kerja masing-masing, serta cepat memberikan respon pada saat terjadi kegawat daruratan, baik pada kecelakaan, bencana, maupun kondisi membahayakan manusia,” tutur Kakansar.

Usai melaksanakan upacara, Kakansar Mataram juga memberikan pengarahan kepada personilnya. Dimana dalam arahannya, Nanang Sigit PH kembali menegaskan untuk mengamalkan pesan-pesan yang disampaikan dalam sambutan/amanat Kepala Basarnas. Pemotongan tumpeng menjadi acara penutup dalam kegiatan HUT Basarnas ke-48. (sal)