HARUM Siap Bangun Kantor Wali Kota Mataram

KEPEMIMPINAN: Kota Mataram dibawah kepemimpinan H Mohan Roliskana-TGH Mujiburrahman (HARUM), terus berupaya membangun Ibu Kota Provinsi NTB agar lebih maju. (ALI/RADAR LOMBOK REFLEKSI)

MATARAM—Kepemimpinan H Mohan Roliskana-TGH Mujiburrahman (Harum) memastikan punya sejumlah program yang akan dilaksanakan sampai masa akhir tugasnya memimpin Kota Mataram. Salah satunya, pasangan ini siap membangun Kantor Wali Kota Mataram yang lahannya sudah disiapkan di Jalan Lingkar Selatan.

Pembangunan kantor wali kota ini diupayakan untuk dimulai 2023 mendatang. Keinginan tersebut disampaikan H Mohan Rolisakana saat kegiatan refleksi tahun kepemimpinan Harum, juga dirangkaikan dengan peringatan Israk Mikraj di lingkup Pemkot Mataram.

“Insyaallah, kalau tidak ada halangan. Kantor wali kota juga akan kita bangun,” ujar Wali Kota Mataram, H Mohan Roliskana di Mataram, kemarin (4/3).

Dari penjelasan sebelumnya. Pembangunan Kantor Wali Kota ini dipersiapkan bukan dari pinjaman. Melainkan dari bantuan pembiayaan pemerintah pusat. Pembangunan Kantor Wali Kota keperluannya dinilai cukup mendesak. Karena sebagai ibu kota provinsi dan epicentrum NTB. Kantor Wali Kota saat ini sudah cukup usang dan tidak refresentatif lagi.
Selain itu, Mohan mengatakan, cukup banyak pembangunan infrastruktur yang akan dilanjutkan di Kota Mataram. Kendati pun kapasitas fostur anggaran yang dimiliki Kota Mataram cukup terbatas. Karena dua terakhir terdampak untuk penanganan Covid-19.

Baca Juga :  Dinas Anggarkan Rp 1,9 Miliar untuk Pasar Sindu

Pendanaan pembangunan nantinya dikordinasikan dengan pemerintah pusat. “Misalnya kita bisa gunakan DBHCHT. Lalu dana alokasi umum (DAU) maupun dana alokasi khusus (DAK). Kita berharap diberikan porsi yang cukup untuk membangun Kota Mataram,” ungkapnya.
Kedepannya, terhadap apa pembangunan yang sudah dilaksanakan satu tahun terakhir. Akan dilanjutkan beberapa tahun ke depan. Karena Kota Mataram punya sejumlah agenda untuk diwujudkan. “Di samping kualitas infrastruktur dan lingkungan perkotaan. Kita juga melakukan banyak kegiatan pemberdayaan sosial ekonomi dan sebagainya. Ini harus kita lakukan kedepannya,” terangnya.
Wali Kota juga memastikan, dirinya bersama TGH Muiburrahman tetap berkomitmen untuk melaksanakan tugas dan tanggungjawab sebaik-baiknya.

“Karena ini adalah modal kami untuk terus melaksanakan tanggungjawab sebagai kepala daerah dalam rangka mewujudkan apa yang menjadi harapan dan keinginan warga Kota Mataram. Kami mohon dukungan dari semuanya untuk terus bahu-membahu membangun Kota Mataram,” terangnya.
Satu tahun terakhir, perubahan tatanan kota secara visual mudah ditemui. Penanganan lingkungan dan kebersihan kota juga akan dipertahankan. “Terima kasih setelah 1 satu tahun kepemimpinan kami kepada seluruh jajaran SKPD dan sebagainya. Kita agar tetap bekerja kolaboratif dan produktif serta terus saling mengisi untuk menunjukkan tanggungjawab sebaik-baiknya sesuai tupoksi kita. Dengan keihlasan dan kebersamaan kita. Insyaallah apa yang tertuang dalam visi-misi kami bisa kita wujudkan,” harap Mohan.
Sekda Kota Mataram, Dr H Effendi Eko Saswito mengatakan, untuk pembangunan Kantor Wali Kota Mataram. Pendanaannya diupayakan dari bantuan pemerintah pusat. Mengacu pada standar harga saat ini. Kebutuhan anggaran untuk membangun Kantor Wali Kota Mataram sekitar Rp 200 miliar. Dari koordinasi awal yang dilakukan dengan pemerintah pusat.
Kantor Wali Kota Mataram punya potensi untuk dibantu pembiayaannya. “Gambarannya dulu kita dibantu 60 persen pembiayaannya. Kalaupun nanti ada kekurangannya. Nanti bisa kita tambah dari APBD Kota Mataram. Kita dijanjikan untuk dibantu,” katanya. (gal)

Komentar Anda