Gelar Pertandingan Olahraga dan Baca Alquran

Memeriahkan hari kemerdekaan Republik Indonesia (RI) tak hanya dinikmati kalangan masyarakat umum. Namun, mereka yang menjalani hukuman juga bisa menikmatinya dengan bebas.


SAPARUDIN-PRAYA


BELASAN warga binaan rumah tahanan (Rutan) Klas II  Praya, sedang asyik bermain bola voli, kemarin. Berseragam lengkap, mereka ternyata sedang bertanding antar klub warga binaan untuk memeriahkan HUT RI ke-71. Kegiatan ini memang sengaja diadakan pihak rutan untuk memberikan mereka kebebasan menikmati indahnya hari kemerdekaan.

Kepala Rutan Negara Klas II Praya, Lalu Jumadi mengatakan, menyambut HUT RI pada 17 Agutus nanti harus bisa dinikmati para napi. Karena kemerdekaan adalah milik semua warga negara Indonesia tanpa terkecuali.

Untuk itu, pihaknya menggelar lomba dan pertandingan lingkup warga binaan. Lomba dan pertandingan tersebut dipusatkan di halaman rutan selama satu minggu. “Meski mereka sedang berurusan dengan hukum, kami tetap memberikan yang terbaik bagi mereka. Termasuk mereka harus menikmati hari kemerdekaan,” papar Jumadi, kemarin (11/8).

Adapun jenis mata lomba dan pertandingan yang digelar, diantaranya, bola mini, bulu tangkis, tenis meja, catur, main kelereng dan beberapa pertandingan lainnya. Kemudian lomba membaca Alauran, praktik salat jenazah, wudu, dan tilawah.

Untuk perlombaan keagamaan lanjutnya, ini sengaja dimasukkan mengingat beberapa bulan pihaknya telah melakukan kerjasama dengan Lembaga Pendidikan Tilawatil Quran (LPTQ) Lombok Tengah. ‘’Ini untuk menumbuhkan minat mereka belajar agama,’’ katanya.

Dalam lomba dan pertandingan ini, membutuhkan waktu selama satu minggu. Pihaknya sendiri telah menyediakan hadiah khusus sesuai dengan kebutuhan mereka di rutan. ‘’Selain menyambut 17 Agustus, kegiatan ini sebagai momentum untuk meningkatkan persatuan dan keakraban antar warga binaan.
Sehingga pada akhirnya nanti mereka merasa satu keluarga di tahanan,’’ tandasnya. (**)