Diikuti Peserta dari 25 Negara, Event Rinjani 100 Siap Digelar

RAKOR : Forkompincam Sembalun saat menggelar rakor persiapan event” Rinjani100” yang akan digelar dalam waktu dekat. (Ist/RADAR LOMBOK)

SELONG – Lomba lari internasional, Rinjani 100 disambut positif oleh masyarakat setempat. Event ini diyakini akan mampu membangkitkan roda perekonomian masyarakat. Terlebih lagi event ini akan diikuti ribuan peserta termasuk dari 25 negara.

Pemerintah kecamatan bersama dengan instansi terkait juga mulai mematangkan persiapan untuk suksesnya event bergengsi ini. Salah satunya dengan menggelar rapat koordinasi. “Terakhir diadakan event ini pada tahun 2018. Alhamdulillah event ini bisa diselenggarakan lagi tahun ini,” kata Camat Sembalun, Serkapudin, kemarin.

Event ini katanya, patut disyukuri karena dampaknya sangat besar di masyarakat terutama untuk meningkatkan roda perekonomian warga setempat. “Rinjani 100 bisa menjadi magnet untuk mendatangkan wisatawan lokal, domestik dan mancanegara ke daerah kita,” imbuhnya.

Menurutnya, event ini sangat strategis mendukung promosi pariwisata Lombok Timur dan khususnya membangkitkan gairah dunia pariwisata di Sembalun. “Harus kita siap dari segala sesuatunya, karena event ini bertaraf internasional. Pesertanya pun bukan hanya dari Indonesia, oleh karena itu harus kita dukung sesuai kemampuan kita,” jelas Serkapudin.

BACA JUGA :  Tempat Wisata Ditutup Empat Hari

Baik dari segi fasilitas, seperti yang diminta oleh Bupati Lotim lanjutnya, semua stakeholder dan atau dinas terkait harus menyediakan segalanya. “Termasuk kesiapan masyarakat kita di Sembalun maupun masyarakat Belanting, sudah dapat dipastikan kesiapannya untuk menyambut event besar ini,” ujarnya.

Selain itu promosi kuliner serta atraksi seni dan budaya diharapkan dapat ditampilkan di sela-sela kegiatan tersebut. “Yang diharapkan oleh Pak Bupati itu akomodasi peserta dapat dipenuhi, seperti hotel dan homestay yang ada di Sembalun. Untuk itulah mari kita sama-sama penuhi dan sukseskan event Rinjani 100 K ini,” pintanya.

Di satu sisi kata Serkapudin, dari pengalaman sebelumnya, setiap event besar yang diadakan di Sembalun itu, masyarakat kurang dilibatkan dan hanya jadi penonton. Oleh karena itu, ia berharap kepada penyelenggara event apa pun bentuknya yang akan digelar di Sembalun supaya melibatkan warga setempat. Agar masyarakat ikut merasakan dampak dari pergelaran event itu sendiri.

“Seolah-olah Sembalun hanya dijadikan persinggahan setiap ada event, kali ini kita harapkan warga lokal ikut terlibat. Bukan sekadar jadi penonton, bukan hanya dari akomodasi seperti perhotelan saja menikmatinya. Di Sembalun itu banyak sekali antraksi pariwisatanya, selain itu kesenian dan UMKM juga ada di Sembalun,” ungkapnya.

BACA JUGA :  Randis Tabrak Pengendara Motor dan Hantam Tiang Listrik

Ini adalah penyelenggaraan ketujuh dengan jumlah peserta yang telah mendaftar per 25 Mei 2022 mencapai seribu orang lebih. Sampai saat ini terkonfirmasi sekitar 700-an orang yang mendaftar belum lagi yang lain.

Sementara itu Direktur Rinjani 100, Hendrikus, mengatakan, di lomba ini ada kombinasi antara rute klasik yakni 27 km, 36 km dan jalur murni 75 km, 162 km dan 119 km.

Ajang ini sempat tertunda dua tahun karena pandemi covid-19. Kali ini ada lima kategori yang akan dilombakan dalam ajang ini dari sebelumnya yaitu 162 km, 119 km, 75 km, dan 36 km serta 27 km. “Tiga kategori pertama akan mengambil start di Belanting dan finish di Sembalun, sementara dua kategori lainnya start dan finish di Sembalun,” tutupnya.(lie)